Kanwil Kemenkumham Jakarta Razia Rutan dan Lapas

by -17 views

Jamaninfo, Jakarta: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta melakukan inspeksi dadakan (sidak) di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di wilayah Jakarta, Senin (6/4/2021) malam. 

Kepala Kanwil Kumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan bahwa sidak yang dilakukan bersama dengan sejumlah aparat penegak hukum terkait itu, untuk membersihkan seluruh barang-barang yang memang dilarang untuk dipergunakan oleh para tahanan selama di dalam Rutan dan Lapas. 

“Targetnya adalah barang-barang yang dilarang dibawa masuk narapidana ke dalam Lapas dan Rutan,” kata Ibnu usai menggelar apel sidak di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur. 

Ibnu mengakui bahwa kegiatan tersebut juga merupakan instruksi dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen PAS), untuk membersihkan berbagai barang-barang milik narapidana yang tidak diperkenankan untuk digunakan selama menjalani masa kurungan. 

Selain itu, inspeksi dadakan itu juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Lembaga Pemasyarakatan Nasional, yang diperingati setiap pada tanggal 27 April. 

“Dalam rangka memperingati hari bakti Pemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April 2021 ini, maka diawali dengan melaksanakan razia serentak,” ujarnya. 

“Pak Dirjen udah memerintahkan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan 3 kata kunci pemasyarakatan maju. Pertama adalah melakukan deteksi dini, kedua adalah memberantas narkoba dan yang ketiga adalah sinergitas dengan aparat penegak hukum,” tukas Ibnu. 

Berdasarkan pantauan RRI.co.id di lokasi, kegiatan razia barang-barang milik para narapidana yang berada di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur itu digelar sekitar pukul 19.55 WIB dan berakhir sekitar pukul 21.30 WIB. 

Sejumlah barang yang di temukan petugas gabungan tersebut antara lain mulai dari magic com (penanak nasi), kipas angin, rantang nasi, dan sejumlah alat elektronik lainnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…