Kebakaran Lahan di Riau, Seorang Pria Diamankan

by -14 views

Jamaninfo, Pekanbaru: Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Koto Gasip, Kabupaten Siak, Riau. Api membakar lahan gambut seluas dua hektar sejak Kamis, (13/1/2022) kemarin. 

Kepala Daerah Operasional Siak Manggala Agni, Ihsan Abdillah mengatakan, tim gabungan melakukan pemadaman dengan mengerahkan bom air atau water boombing. Kemudian dibantu dengan penyekatan oleh tim darat agar api tidak semakin meluas. 

“Saat ini api sudah berhasil disekat dan tim darat melakukan pemadaman ke arah dalam sekatan. Sekarang api sudah diatasi dan sedang melakukan pendinginan,” kata Ihsan ketika dikonfirmasi Jumat (14/1/2022) siang. 

Dikatakan Ihsan, kesulitan pemadaman kebakaran di lahan gambut adanya asap yang timbul dari dalam tanah. 

“Asap yang timbul dari kebakaran gambut harus diatasi. Kebakaran gambut ada di permukaan dan di dalam tanah sehingga kita memastikan agar api benar-benar padam,” ujarnya. 

Adapun luasan lahan gambut yang terbakar mencapai 2 hektar. Luasnya lahan terbakar akibat cuaca panas beberapa hari belakangan ini. 

“Lahan gambut kering karena beberapa hari tidak hujan sehingga api menjalar dengan cepat. Untuk itu kita lakukan penyekatan agar tidak meluas,” terangnya. 

Sementara itu, pihak kepolisian melakukan penyelidikan dengan memasang garis polisi di lokasi kebakaran lahan. Satu orang turut turut diamankan. 

“Terkait siapa yang melakukan kebakaran kita periksa beberapa orang masyarakat. Satu orang yang membakar sudah kita amankan,” kata Kapolres Siak AKBP Gunar Rahardianto. 

Lebih lanjut dikatakan Gunar, seorang pria yang diamankan ini diketahui penjaga lahan.

“Dia ini penjaga lahan dan dia juga yang membakar,” lanjut Gunar. (imr) 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.