Kejagung Periksa 4 Saksi Kasus Korupsi Asabri

by -9 views

Jamaninfo, Jakarta: Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung memeriksa empat orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi oleh PT ASABRI (Persero) pada beberapa perusahaan periode tahun 2012 s/d 2019.

“Saksi yang diperiksa, yaitu LMP,  YM, HE dan TSN,” ungkap Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis Rabu, (12/1/2022)

Dijelaskannya, untuk saksi LMP penyidik melakukan pemeriksan bagi tersangka Managemen Investasi

“LMP selaku Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, diperiksa terkait pendalaman tersangka 10 Manajer Investasi (MI),” jelasnya

Kemudian, kata Leo,saksi YM selaku Karyawan PT ASABRI (Persero)/Staf pada Divisi Manajemen Portofolio, dan saksi HE selaku Pegawai PT. ASABRI (Persero)/Kepala Divisi Investasi PT. ASABRI (Persero), dilakukan pemeriksaan atas penempatan dana Asabri

“Mereka berdua diperiksa terkait kronologis penempatan dana PT ASABRI (Persero) pada 6 (enam) produk reksadana PT Asia Raya Kapital,” katanya.

Sedangkan TSN diperiksa penyidik atas transaksi saham yang nerugikan PT Asabri

“TSN selaku Wiraswasta/Penjual Bes diperiksa terkait transaksi saham SUGI, BCIP, dan SIAP,” ujarnya.

Ditambahkannya, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri.

“Penyidik melakukan pemeriksaan terhadap saksi saksi guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di PT ASABRI (Persero),” ucapnya.

Menurut Leo, pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19.

“Saksi diperiksa dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan Penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap serta bagi para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan,” pungkasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.