Kemenag Perkuat Kompetensi Guru Lewat Program Sertifikasi

by -13 views

Jamaninfo, Jakarta: Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Kementerian Agama (Kemenag) terus meningkatkan kompetensi guru melalui pembelajaran di sekolah. 

Kini, Kemenag telah dan sedang mengupayakan penguatan program sertifikasi guru melalui jalur PPG (pendidikan profesi guru), pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Pengawas, Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah, serta sejumlah kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Pada peringatan HGN tahun ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan tema “Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri” , karena pada proses pemulihan pembelajaran, dibutuhkan guru yang profesional sekaligus peduli. 

Guru peduli adalah guru yang memiliki welas asih, yang memiliki compassionate dan mengajar dengan hati. 

“Guru peduli memiliki empati dan simpati kepada siswanya, karena tugas guru adalah mentransformasikan ilmu pengetahuan dan sekaligus membentuk karakter baik siswanya,” ujar Ali Ramdhani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (25/11/2021). 

Tidak hanya Guru yang harus peduli terhadap siswa, kata Ali, peserta didik juga harus memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu (curiosity). 

Di sisi lain, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain menyampaikan bahwa peringatan HGN 2021 disemarakkan dengan serangkaian kegiatan pendukung. Direktorat GTK telah menyiapkan serangkaian kegiatan, antara lain: 

1. Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, 5 Oktober – 21 November 2021

2. Lomba Video Moderasi Beragama, 11 Oktober – 22 November 2021

3. Anugerah Konstitusi, 14 Oktober – 25 November 2021

4. International Symposium On Education (ISOE), 23 – 26 November 2021

5. Upacara Bendera Hari Guru Nasional, 25 November 2021

6. GTK Madrasah Expo, 30 November – 1 Desember 2021

7. Talkshow bersama Ketua Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI, 30 November 2021

8. Malam Puncak Peringatan HGN 2021, 30 November 2021

Puncak peringatan Hari Guru Nasional 2021 akan digelar secara hybrid, luring dan daring, dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.