Kerumunan Pasar Tanah Abang, Satgas Sentil Jakarta

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menghimbau kepala daerah untuk mulai memperketat pengawasan serta mengantisipasi kerumunan di sejumlah pusat perbelanjaan atau pasar, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442H/2021.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pihaknya tidak ingin kerumunan masyarakat di pasar menyebabkan klaster baru penularan Covid-19 jelang lebaran. Spesifik, Doni menyoroti terkait masalah kerumunan di pusat perbelanjaan di Jakarta.

“Mulai ramainya pusat-pusat perbelanjaan di sejumlah kota-kota besar, tolong ini diantisipasi. Jangan sampai ini nanti akan menjadi klaster baru. Karena kita lihat terutama di Jakarta, pusat perbelanjaan penuh,” kata Doni dalam acara yang disiarkan Youtube Pusdalops BNPB, Minggu (2/5/2021).

Kata Doni, saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan lima klaster baru. Yaitu, klaster salat tarawih berjemaah, mudik, buka puasa bersama, takziah dan aktivitas perkantoran.

Ia juga mengatakan terjadi kenaikan mobilitas warga Indonesia dalam periode 20-27 April 2021. Dalam kurun waktu tersebut, terjadi kenaikan mobilitas warga ke pusat perbelanjaan yang terjadi di 29 provinsi di Indonesia.

Doni memperkirakan, mobilitas warga ke pusat perbelanjaan akan terus meningkat menjelang Lebaran.

Satgas juga mencatat mobilitas warga menuju tempat wisata di 34 provinsi di Indonesia. Dari data, 21 provinsi mengalami peningkatan mobilitas ke tempat wisata pada saat libur Paskah.

“Oleh karenanya, diperlukan kepedulian dari semua kepemimpinan baik unsur pemerintah daerah maupun TNI/Polri,” tambahnya.

Seperti yag diketahui, sebelumnya Pasar Tanah Abang menjadi sorotan publik usai terjadinya kerumunan pengunjung untuk berbelanjang kebutuhan lebaran, tanpa mengindahkan protokol kesehatan yang ketat.

Atas kasus tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sejumlah strategi guna menghindari kerumunan. Salah satunya dengan membuka-tutup Pasar Tanah Abang dan penyesuaian jadwal operasional kereta commuter line (KRL) di Stasiun Tanah Abang.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…