Kompos Hewani Lebih Baik Dibandingkan Pupuk Konvensional

by -15 views

Jamaninfo, California: Wabah penyakit bawaan makanan yang terkait dengan konsumsi produk segar telah menyebabkan para petani mengevaluasi kembali praktik-praktik mereka. 

Analisis terbaru dari percobaan 27 tahun yang membandingkan pengelolaan tanah organik dan konvensional menunjukkan bahwa kompos hewani tidak meningkatkan kelangsungan hidup hama patogen dan bahkan dapat mendorong komunitas bakteri yang menekan patogen.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology ini mengamini penelitian lain yang mendokumentasikan prevalensi patogen bawaan makanan yang lebih tinggi di lahan yang dipupuk dengan pupuk kandang mentah dibandingkan dengan pupuk konvensional, seperti dikutip dari Physorg, Kamis (8/4/2021).

“Temuan kami menunjukkan bahwa meninggalkan kompos hewani harus dipertimbangkan kembali, baik karena manfaat kompos yang diketahui untuk kesehatan tanah dan karena mungkin untuk menerapkan amandemen sehingga risiko keamanan pangan dikurangi daripada diperburuk,” kata penulis utama Naresh Devarajan, Ph.D., dari University of California, Davis.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…