Kurangi Kematian, Khofifah Ajak Donor Plasma Konvalesen

by -16 views
Berita Terkini

, Jakarta: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya donor plasma konvalesen yang perlu dilakukan penyintas Covid-19. Dengan begitu, dapat menyelamatkan jiwa pasien Covid-19. 

“Mari donor plasma konvalesen karena signifikan untuk selamatkan nyawa pasien covid-19,” kata Khofifah di akun Instagramnya yang dilihat rri.co.id, Selasa (19/1/2021).

Saat ini, lanjutnya, kita butuh pendonor plasma konvalesen setidaknya lima kali lipat dari yang sudah berjalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga dapat mengurangi resiko kematian di Jawa Timur dan Indonesia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  ikut mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu kesembuhan pasien COVID-19. Plasma darah konvasalen hanya bisa diambil dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan sangat dibutuhkan untuk pasien positif yang memiliki gejala berat atau kritis.

Donor plasma darah konvalesen bagi Anies Baswedan diakui tidak sakit dan seperti donor darah biasa. Hanya saja, prosesnya memakan waktu agak lama.

Jangka waktu donor plasma darah konvalesen yang dibutuhkan bisa sampai lebih dari 30 menit. “Memang lebih lama. Kalau donor biasa 15 menit selesai, yang ini (plasma konvalesen) 30 menit,” ungkap Anies seperti dikutip dari liputan6.com.

Alasan Anies ikut mendonorkan plasma darah lantaran ia pernah merasakan terinfeksi COVID-19. Tatkala terinfeksi COVID-19 dirasakan tidak nyaman. Ia tidak bisa ditemani oleh orang-orang tercinta karena harus isolasi mandiri.

“Saya pernah merasakan (kena) COVID-19 dan itu tidak enak. Beruntung, saya bisa sembuh walaupun dalam kurun waktu yang lama. Saya ingin warga DKI juga bisa sembuh seperti saya. Itulah alasan kenapa saya mendonorkan plasma konvalesen,” ujarnya. (Foto: Instagram Khofifah IP)

Sumber Berita Selengkapnya…