Mahfud: Artidjo Alkostar Menginspirasi Saya Jadi Aktivis-Dosen

by -13 views

Jamaninfo, Jakarta: Mantan Hakim Agung yang saat ini menjabat sebagai salah satu Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar, meninggal dunia, hari ini Minggu (28/2/2021).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan, Artidjo merupakan sosok yang menginspirasinya untuk menjadi dosen dan aktivis.

“Tahun 1978 Artidjo menjadi dosen saya di FH-UII. Dia juga yang menginspirasi saya menjadi dosen dan menjadi aktivis penegakan hukum dan demokrasi. Pada 1990/1991 saya dan Mas Artidjo sama2 pernah menjadi visiting scholar (academic researvher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar,” kata Mahfud dalam akun Twitternya.

Baca Juga: Breaking: Dewas KPK Artidjo Alkostar Meninggal Dunia

Baca Juga: Artidjo Alkostar, ‘Algojo’ Bagi Para Koruptor

Mahfud juga menyebut, Artidjo merupakan Hakim Agung yang dijuluki Algojo oleh para koruptor. Hal itu dikarenakan, ia tak ragu menjatuhkan vonis bear kepada para koruptor tanpa peduli peta kekuatan dan politik. 

“Artidjo Alkostar adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor. Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back up politik. Dulu almarhum adalah dosen di Fak. Hukum UII Yogya yang juga jadi pengacara. Selama jadi pengacara dikenal lurus,” tambahnya.

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, 22 Mei 1948. 

Selama 14 tahun menjadi Hakim Agung, Artidjo juga dipilih sebagai Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung sejak 2014.

Artijo purnatugas dari Mahkamah Agung pada 22 Mei 2018 silam dan sudah menangani 19.483 perkara sepanjang karirnya. Pada Desember 2019, ia mengucapkan sumpah jabatan menjadi anggota Dewan Pengawas KPK.

Sumber Berita Selengkapnya…