Mal Pelayanan Publik Memangkas Jalur Birokrasi

by -10 views

Jamaninfo, Madiun: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyatakan, Mal Pelayanan Publik (MPP) didirikan sebagai bentuk komitmen pemerintah sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Itu, kata dia, guna mempermudah pemberian layanan kepada masyarakat demi mempercepat proses perizinan, memangkas jalur birokrasi yang berbelit menjadi pendek.

“Dengan begitu pertumbuhan ekonomi di daerah, khususnya di Kabupaten Madiun bisa lebih tinggi. Apalagi menurutnya, Madiun memiliki potensi industri dan pariwisata yang cukup besar,” kata Tjahjo merilis MPP di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (24/11/2021).

Tjahjo menyatakan, MPP di Kabupaten Madiun dapat memotivasi daerah lain untuk segera memiliki inovasi serupa.

“Kalau ngurusnya satu hari selesai, berarti kan nggak akan bolak balik lagi. Intinya adalah kecepatan melayani masyarakat. Harus transparan juga, mana yang bayar, mana yang bisa gratis,” kata Tjahjo.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyatakan, untuk mewujudkan MPP sampai grand launching tidaklah mudah karena dimulai sejak tahun 2019.

“Di satu sisi ada kreiteria dan persyaratan yang harus dipenuhi. Satu diantaranya terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kepada maysarakat,” kata Ahmad.

Ia berharap dengan hadirnya MPP, nilai investasi di Kabupaten Madiun bisa melonjak tajam.

“MPP ini sarana untuk memudahkan masyarakat dan memudahkan pelayanan. Tentunya sudah ada standarnya ada item yang dibebaskan (gratis). Tidak ada pungli. Tapi kalau pajak itu kan sudah ada aturannya sendiri, ada regulasinya yang harus diikuti,” kata Ahmad.

DPMPTSP menyediakan pelayanan perizinan berusaha dan OSS, kemudian dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Itu, perlu menyediakan pelayanan kartu keluarga (KK), KTP elektronik, dan sebagainya.

Gedung MPP Kabupaten Madiun berada di Jalan Alun-Alun Utara Nomor 4, Kota Madiun, menempati bekas Gedung Sekretariat Daerah lama. (DNS)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.