Manfaat Pohon Pule di Musim Hujan

by -11 views

Jamaninfo, Madiun: Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun intensif merawat pohon Pule yang saat ini telah tumbuh subur di beberapa titik. Seperti di Jalan Panglima Sudirman dan di Jalan Dr. Soetomo-Jalan Jawa.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Ruang Terbuka Hijau, Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun, Jemakir mengatakan, keberadaan pohon pule CSR perusahaan itu memiliki segudang manfaat. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini.  

Tanaman bernama latin Alstonia scholaris ini memiliki fungsi penting untuk lingkungan. Ia berguna sebagai penghasil oksigen, pengatur iklim dan tata air, salah satunya menjaga resapan air sekaligus menyimpan cadangan air tanah.

“Yang jelas pohon pule itu bisa untuk reservoir (menyimpan air), bisa juga sebagai peneduh dan untuk keindahan kota. Intinya untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup,” ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Bukan itu saja, dari berbagai literatur hasil penelitian menyebutkan pohon pule memiliki segudang manfaat. Bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat berbagai jenis penyakit. Sedangkan kayunya dapat diolah sebagai kerajinan bernilai ekonomi.

Kepala Disperkim, Totok Sugiarto berharap, masyarakat ikut menjaga dan merawat tanaman di kota ini.

“Harapan kita keberadaan pohon Pule di kota ini bisa menambah ketersediaan oksigen. Bisa juga menjadi resapan air ketika musim hujan dan menambah keindahan. Wong kulitnya saja juga bisa jadi obat/jamu,” terangnya.

Sementara itu untuk perawatannya, petugas Disperkim rutin melakukan pengendalian hama, pemupukan dan penyiraman. Jika di musim kemarau, penyiraman dilakukan setiap hari. Lain halnya saat penghujan, tidak perlu dilakukan penyiraman. Sebab tanaman yang kebanyakan air, dikhawatirkan akan mati.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.