Mantan Menteri KKP Segera Disidangkan di PN Jakpus

by -22 views

Jamaninfo, Jakarta: Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Bambang Nurcahyono mengatakan, perkara terdakwa mantan Menteri KKP Edi Prabowo, telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada hari ini, Kamis 8 April 2021

“Ada tiga berkas Perkara yg di spliting. untuk Mantan Menteri KKP Edi Prabowo terdiri 1 Berkas Perkara No.26/Pid.Sus.TPK/2021/, untuk Terdakwa Amiril Mukminin, Siswandi dan Ainul Fagih ada dalam 1 Berkas Perkara No. 28/Pid.Sus.TPK/2021 dan untuk Terdakwa Andreau Misanta dan Safri dalam 1 Berkas Perkara No.27/Pid.Sus.TPK/202,” ungkap Bambang dalam Keterangan tertulis yang diterima RRI, Kamis malam (8/4/2021). 

Dijelaskannya, Ketua Pengadilan Negeri  Jakarta Pusat telah menunjuk Majelis Hakim untuk menangani perkara tersebut

“Selanjutnya Majelis Hakim telah ditunjuk oleh YM Bapak Ketua PN Jakarta Pusat untuk ke-3 Berkas Perkara tersebut yaitu Bapak Albertus Usada (WKPN Jakarta Pusat) sebagai Ketua Majelis Hakim, didampingi Bapak Suparman Nyompa (Hakim karier) dan Bapak Ali Muhtarom (Hakim AdHoc Tipikor),” jelasnya. 

Adapun Surat Dakwaan yang disusun oleh JPU berbentuk Altenatif untuk ketiga Berkas tersebut

“Dakwaan Pertama melanggar Pasal 12.A UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65  ayat (1) KUHP ATAU Dakwaan Kedua melanggar Pasal 11 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) KUHP, ” katanya. 

Untuk penahanan dan penentuan hari sidang pertama, lanjut Bambang, sepenuhnya menjadi kewenangan Majelis Hakim yang bersangkutan dan para terdakwa telah dilakukan  penahanan  

“Para Terdakwa Kasus Benur Undang Lobster tersebut, ditahan pada semua tingkatan Pemeriksaan,” ujarnya 

Menurut Bambang, sampai saat ini Ketua Majelis Hakim untuk Perkara Tipikor Mantan Menteri KKP Edi Prabowo cs telah melakukan perpanjangan penahanan. 

“Bahwa semua terdakwa ditahan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat untuk 30 hari ke depan (Tanggal 8 April s/d tanggal 7 Mei) dan dapat diperpanjang untuk 60 hari berikutnya, sedangkan untuk Sidang Pertama pada Kamis 15 April 2021,” pungkasnya. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…