Meski Cuaca Ekstrem, Stok Beras Kalteng Aman

by -13 views

Jamaninfo, Palangka Raya: Meski hingga akhir tahun cuaca di Kalimantan Tengah masih belum kondusif, akibat memasuki musim hujan yang berlangsung hingga tahun 2022 mendatang, namun persediaan beras di gudang bulog Kabupaten Kota di Kalimantan Tengah masih relatif aman.

Kepala Perum Bulog Divre Regional Kalteng, Mika Ramba Kandenan mengatakan, untuk stok beras di 14 Kabupaten/Kota di Kalteng saat ini masing-masing 100 ton yang berada di gudang bulog masing-masing Kabupaten/Kota.

“Sehingga total beras yang ada di masing-masing gudang bulag kabupaten kota seribu 400 ton dan untuk provinsi stok yang diberikan 200 ton dengan total keseluruhan seribu 600 ton,” kata Mika kepada RRI, Rabu (24/11/2021).

“Dipastikan stok beras di gudang bulog di Daerah Kalteng masih aman untuk beras bencana alam,” tambahnya.

Sementara itu persediaan beras secara umum di gudang bulog sebanyak 4.700 yang tersebar di gudang-gudang yang dimiliki bulog di Kabupaten Kota.

“Stok beras hingga akhir tahun mencukupi. Kalau beras sampai akhir tahun masih aman dan stabil,hanya saja terkait pendistribusian ke daerah merupakan kewenanganan Pemerintah dan bukan lagi menjadi kewenanganan bulog,” jelasnya.

Lain hal yang disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang yang menyampaikan sampai akhir tahun ketersediaan bahan pokok masih cukup stabil baik yang di kelola pemerintah ataupun swasta. Hanya saja kenaikan harga saat Natal dan Tahun Baru-Nataru akibat permintaan dan penawaran.

“Kalau barang hingga akhir tahun khususnya beras masih aman ,namun yang kerap membuat kenaikan harga bahan pokok akibat penawaran dan permintaan,” ungkapnya.

“Untuk antisipasi ketersediaan bahan pokok maka Disperindag akan terus melakukan operasi pasar dalam rangka menjada kestabilan harga bahan pokok di pasar agar tidak naik tetap stabil seperti biasa,” tukasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.