MotoGP Rusia Gagal, Dorna Sport Sambangi Mandalika

by -15 views

Jamaninfo, Mataram: Kedatangan tim Dorna Sport ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi angin segar bagi masyarakat NTB khususnya dan Indonesia umumnya. 

Respon positif diberikan oleh seluruh masyarakat NTB atas kehadiran tim Dorna Sport.

“Alhamdulillah ini sangat luar biasa dan sangat bagus bagi kelangsungan perhelatan balap motor dunia atau MotoGP pada Oktober mendatang di sirkuit Mandalika Lombok Tengah,” kata Anggota Komisi II DPRD NTB Bidang Perekonomian Haji Misbach Mulyadi, Rabu (7/4/2021) kepada wartawan di Mataram.

Ia menegaskan, tim Dorna Sport yang meninjau langsung sirkuit MotoGP Mandalika menjadi bukti keseriusan dalam menyelenggarakan balap motor. Dengan gagalnya Rusia menjadi tuan rumah, maka pilihannya adalah Indonesia dengan sirkuit MotoGP yang ada di Lombok.

“Ini adalah mimpi kita semua, bagaimana MotoGP ini terselenggara ditahun 2021. Dan saya optimis itu terselenggara. Bagaimana kita lihat perhatian pemerintah pusat menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan, ada perluasan bandara, ada perpanjangan runway, ada jalan bay pas Mandalika-Kuta dan persiapan lainnya. Nah ini adalah tanda-tanda bahwa optimisme Dorna ini akan ada sehingga mudah-mudahan hari ini Dorna mengeluarkan statemen bahwa 2021 itu Indonesia sudah menjadi point penting untuk dilaksanakan MotoGP,” ungkapnya.

Masyarakat NTB harus bangga dan mendukung proses yang ada. Sebab ini adalah event yang luar biasa.

Artinya, seluruh dunia mengharapkan ini karena negara besar seperti Rusia tersingkir oleh Mandalika merupakan hal yang sangat luar biasa. 

“Apa buat kita, buat kita itukan bagaimana pariwisata Lombok dan NTB ini bergeliat disituasi Pandemi yang sangat luar biasa ini, optimisme itu muncul. Insha Allah apabila itu Oktober, Prokes Covid-19 kita sudah rapi maka semua orang akan datang. Prediksi teman-teman ada sekitar 150 ribu akan datang menonton MotoGP Mandalika. Inikan sesuatu yang sangat fantastis. 150 ribu kalau spandingnya katakanlah satu juta satu orang maka uang yang beredar maka berapa triliun perputarannya. Ini secara ekonomi,” paparnya.

Disisi lain, industri pariwisata NTB juga akan mendunia. Begitu MotoGP digelar maka seluruh media akan menyoroti keberadaan Mandalika Lombok Tengah. Sehingga kedepannya akan sangat luar biasa.

“Mudah-mudahan hari ini Dorna menetapkan Sirkuit MotoGP Mandalika untuk tahun 2021,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Safety Officer The Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Franco Uncini, Putra Mahkota CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta sekaligus Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta, dan Race Direction Dorna Sports Loris Capirossi, berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk melakukan inspeksi pra-homologasi terhadap Sirkuit Mandalika.

Hal itu guba memastikan Sirkuit Mandalika siap digunakan sebagai tuan rumah kejuaraan balap motor dunia, MotoGP dan WSBK (World Superbike).

“Selama ini pihak FIM selaku federasi olahraga sepeda motor dunia, serta Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP dan WSBK, selalu memantau perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika melalui video. Kali ini kita ajak mereka melihat langsung bagaimana kondisi Sirkuit Mandalika terkini. Termasuk juga kondisi pembangunan sarana dan prasarana seperti bandara, hotel, home stay, sentra industri UMKM, rumah sakit, hingga progres vaksinasi terhadap masyarakat NTB. Satu hari penuh kita akan ajak mereka keliling NTB,” kata Bamsoet dalam konferensi pers bersama FIM dan Dorna Sports, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum take off menuju Lombok, NTB, Rabu (7/4/2021).

Bamsoet menjelaskan, menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor bergengsi dan terbesar dunia, MotoGP dan WSBK, merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Indonesia. Semuanya bermula dari impian, yang kini perlahan menjadi kenyataan berkat dukungan penuh FIM dan Dorna Sports. 

“Setelah absen menggelar MotoGP selamat 23 tahun di Indonesia sejak 1997, akhirnya kita akan gelar di sirkuit Mandalika Lombok, NTB. Dengan menjadi tuan rumah MotoGP dan WSBK, Indonesia akan memiliki banyak keuntungan. Dari mulai country branding, tourism, hingga multiplier effect economy. Selain tentu saja meningkatkan gairah olahraga sepeda motor, serta memotivasi para talenta muda pembalap Indonesia untuk berlaga di kompetisi bergengsi dunia seperti MotoGP dan WSBK,” jelas Bamsoet.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…