MRT Opersional di Tangsel Mulai 2022

by -18 views

Jamaninfo, Tangerang Selatan: Pembangunan moda raya terpadu (MRT) di wilayah Kota Tangerang Selatan atau Tangsel rencananya dimulai pada 2022. Pasalnya, akhir 2021 ini proses kajiannya sudah rampung.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangerang Selatan, Eki Herdiana mengatakan, rencana sudah bisa dilanjutkan ke tahapan kesiapan jalan, sosialisasi hingga pelelangan.

“Kajiannya sudah selesai dari BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, red), sudah oke,” ujarnya kepada rri.co.id, Rabu (7/4/2021).

Menurut Eki, sesuai dengan Perpres Nomor 55 tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), terdapat dua koridor MRT dari wilayah DKI Jakarta menuju ke Tangsel.

“Satu trace dari Lebak Bulus ke Pondok Cabe kemudian ke Pamulang dan ke Rawa Buntu. Satu lagi rencananya dari Lebak Bulus ke arah Ciputat, kemudian ke Pondok Aren dan ke Rawa Buntu,” jelasnya.

Eki menyampaikan, saat ini Pemkot Tangsel masih berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi Banten terkait dengan penggunaan jalan. Pasalnya rute MRT tersebut nantinya akan melewati jalan nasional dan jalan provinsi.

“Kita sudah rapat berkali-kali sih membahas itu, termasuk penggunaan jalan nasional dan jalan provinsi, jadi kita koordinasi terus sama pusat dan provinsi,” tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Kota Tangsel memiliki perencanaan matang dalam mengatasi kemacetan di wilayahnya. Terutama jalur yang menghubungkan langsung dengan DKI Jakarta. 

Kepala Bappeda Eki Herdiana mengatakan, transportasi masal yang akan dikembangkan pertama adalah perpanjangan Lebak Bulus menuju Rawa Buntu yang terdiri dari 22 koridor.

“Pertama koridor Lebak Bulus-Pondok Cabe dan keduanya adalah Pondok Cabe-Rawa Buntu dengan panjang koridor 23,4 kilo meter,” ungkapnya kepada rri.co.id, Jumat (5/2/2021).

Hal tersebut, sambung Eki, telah tertuang dalam Rancangan Tata Ruang dan Tata Wilayah atau RT/RW pada Peraturan Daerah No 9/2019 serta Peraturan Ptesiden (Perpres) berkaitan dengan rencana induk transportasi Jabodetabek.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…