Mudik Lebaran 2021, Menhub Melakukan Pembatasan Transportasi

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan melakukan pembatasan di setiap sektor transportasi darat, laut, kereta api, dan udara guna menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo terkait larangan mudik Lebaran 2021.

“Sesuai arahan Presiden, kami tegas melarang mudik. Kami mengimbau yang berkeinginan mudik tinggal di rumah saja,” kata Budi usai Sidang Kabinet Paripurna dengan topik “Penanganan Covid-19 Menghadapi Bulan Puasa dan Libur Idul Fitri 1422 H/2021 Masehi, Rabu (7/4/2021).

Untuk sektor transportasi darat, lanjut Budi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri melarang mudik dan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi. 

“Kami imbau masyarakat untuk tidak meneruskan mudik dan tinggal di rumah,” kata Budi.

Dia juga mengatakan, terdapat potensi penggunaan kendaraan pribadi, baik mobil maupun truk pelat hitam. 

“Kami akan menindak tegas apabila hal itu dilakukan,” kata dia.

Sementara, untuk sektor transportasi laut, dia mengatakan, pergerakan hanya diperbolehkan bagi mereka yang dikecualikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). 

“Akses pergerakan menggunakan layanan ini dilakukan secara terbatas,” ujarnya.

Dia mengingatkan daerah banyak masyarakat melakukan mudik, seperti Riau, dari Kalimantan ke Jawa, Jawa timur untuk tidak melakukan mudik lebaran 2021.

“Saya mengimbau tidak melakukan mudik,” katanya

Kemudian, bagi penumpang Kereta Api (KA) akan dikurangi kapasitas dan frekuensi perjalanannya.

“PT Kereta Api Indonesia (Persero) hanya akan menjalankan Kereta Api Luar Biasa (KLB). Secara khusus juga bagi wilayah aglomerasi di Jabodetabek dan Bandung juga akan dikurangi kapasitas dan jadwalnya. Operasi hanya diperuntukkan bagi pihak yang dikecualikan,” tandasnya. (DNS)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…