Musim Penghujan, Kasus DBD di Jatinegara Meningkat

by -13 views

Jamaninfo, Jakarta: Memasuki musim penghujan, Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur mengalami peningkatan kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) sebanyak 67 kasus.

Penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Jatinegara, dokter Faiza Husna mengatakan, dari 67 kasus tersebut, angka tertingginya berada di Kelurahan Cipinang Muara.

“Sejauh ini kasus DBD tidak ada yang sampai memakan korban jiwa,” kata dokter Faiza Husna kepada RRI.co.id pada Rabu (24/11/2021).

Ia menyebut, di wilayah Cipinang Muara, untuk kasus DBD mencapai 38 kasus.

Sementara itu, menukil laporan yang masuk pada kasus DBD, Lurah Cipinang Muara, Ciptono menjelaskan, bahwa telah melakukan penanganan dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Dengan jumlah penduduk 60 ribu, dibagi 16 RW, masing-masing RW di Kelurahan Cipinang Muara ada petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik),” kata Ciptono saat ditemui di kantornya. 

Ia menjelaskan, adapun tugas Jumantik berupa edukasi, sosialisasi, imbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk ikut bersama memberantas sarang nyamuk dengan upaya mengguyur, menguras, dan menutup genangan air.

“Selain memeriksa jentik-jentik di tiap rumah. Petugas juga mengajak warga-warga untuk mengurus sendiri, namanya self jumantik. Manakala sefl jumantik sudah menjadi kebiasaan, insyaallah tidak ada kasus DBD lagi,” ujar Ciptono.

Ciptono mengatakan, petugas Jumantik melakukan pantauan ke rumah warga tiap hari Jumat, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi, pihak Kelurahan Cipinang Muara juga melakukan kolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Jatinegara untuk melaksanakan fogging.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.