Nekat Mudik Lebaran, ASN Dapat Dicopot

by -11 views

Jamaninfo, Jakarta: Ancaman sanksi disiplin mulai dari teguran hingga pemecatan dilayangkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar larangan cuti dan mudik Lebaran 2021.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyatakan, sanksi dirilis melalui Surat Edaran No. 8 Tahun 2021, dan akan diberikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Memberikan hukuman disiplin kepada pegawai ASN yang melanggar hal tersebut sesuai dengan ketentuan,” tulis surat edaran tersebut, Rabu (7/4/2021).

Ketentuan dimaksud yakni hukuman disiplin ringan dapat berupa teguran lisan, tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis.

Kemudian hukuman disiplin sedang dapat berupa penundaan kenaikan gaji, dan kenaikan pangkat selama satu tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Sementara hukuman disiplin berat dapat berupa penurunan pangkat selama tiga tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, dan pemberhentian tidak dengan hormat.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…