Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Terduga Pelaku Diamankan

by -14 views

Jamaninfo, Bukittinggi: Kebakaran kembali terjadi di Pasar Bawah Kota Bukittinggi untuk kali ketiga dalam tiga bulan terakhir di tahun 2021.

Kebakaran kali ini melumat habis 25 kios pedagang, yang dilaporkan hangus semuanya.

Puluhan lapak dan kios pedagang yang menjual barang harian, aksesoris dan kebutuhan dapur itu diketahui terbakar pada Rabu (24/11/2021), sekitar pukul 00:45 WIB dini hari.

Kebakaran terjadi di dua lokasi, pertama di pasar Aur Tajungkang Tengah Sawah, dan yang kedua, tidak jauh dari Jembatan Gantung Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menuturkan, berdasarkan informasi di lapangan, api berasal dari tiga titik yang terbakar serentak, dan hal ini sangat mencurigakan.

“Pemkot Bukittinggi menyayangkan kebakaran kembali terjadi di kawasan Pasar Bawah dengan waktu yang berdekatan. Dan mewakili pemerintah daerah, kami menyampaikan duka mendalam kepada seluruh korban, yakni pedagang yang berjuang kesehariannya dengan melaksanakan transaksi jual beli,” jelasnya melalui keterangan resmi yang dikutip RRI.co.id, Rabu (24/11/2021).

Sebagai tindak lanjut, sambung Erman Safar, Pemkot Bukittinggi bakal segera melakukan relokasi, yang dimulai dengan pendataan seluruh pedagang.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kebakaran Bukittinggi, Soesilo, mengatakan, kebakaran yang terjadi persis berada di sisi Jembatan Gantung Pasar Bawah Kota Bukittinggi.

“Kerugian awal diperkirakan sebesar Rp625 Juta, ada 12 unit armada yang melakukan proses pemadaman,” sebutnya.

Soesilo lanjut menuturkan, unit pemadam yang melakukan pemadaman terdiri dari tiga unit Damkar Agam, satu unit Damkar Padang Panjang, satu unit Damkar Payakumbuh dan tujuh dari Bukittinggi.

“Total personel 54 orang, 22 orang dari Bukittinggi, 16 dari Agam, 10 dari Padang Panjang, dan enam dari Payakumbuh,” imbuhnya.

Tim Inafis Polres Bukittinggi telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dengan menyegel lokasi menggunakan garis polisi.

Sebelumnya, kebakaran Pasar Bawah telah terjadi dua kali dalam tahun 2021 ini.

Pertama, kebakaran 304 kios pada Sabtu (11/9/2021), dan berikutnya di Surau Gonjong Aur Tajungkang pada Selasa (16/11/2021), yang menghabiskan 28 unit kios.

Kebakaran Diduga Kesengajaan

Kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Rabu (24/11/2021), sekitar pukul 00.45 WIB dini hari, diduga sengaja dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK), yang berhasil diamankan pihak Kepolisian di daerah setempat.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, menjelaskan, Polres Bukittinggi mengamankan seorang terduga yang terlibat dalam kasus kebakaran ini, dengan barang bukti bahan bakar yang didapat dari tangannya.

“Kebakaran tadi malam, polisi sudah mengamankan satu orang yang diduga ada kaitannya, masih diduga, juga diamankan BBM jenis Pertalite dan minyak tanah. Perkembangannya akan disampaikan nanti,” sebutnya.

“Pemkot Bukittinggi akan akan melakukan langkah antisipasi untuk keamanan seluruh pasar yang ada untuk masa berikutnya, karena kejadian ini sudah beruntun, kita akan lakukan strategi baru mengamankan pasar di Bukittinggi. Harus ada langkah antisipasi musibah ini baik karena kelalaian atau pihak tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Erman Safar menambahkan, sebagai bentuk rasa duka mendalam atas musibah yang terjadi dan bersamaan, Pemkot Bukittinggi bakal memberikan bantuan kepada pedagang yang mengalami musibah di Air Tajungkang sebelumnya.

“Seperti penanganan musibah di Los Maco dan Pasar Aur Tajungkang, kita lakukan pendataan awal kepada seluruh korban, dibersihkan dan diperbaiki. Kami turut berduka dan meminta kesabaran pedagang dalam prosesnya karena kita tidak ingin ada kesalahan dalam urusan administrasi,” jelasnya.

Pemkot juga menegaskan akan melakukan penyisiran di pasar-pasar yang ada di Bukittinggi untuk mengantisipasi kegiatan di luar perdagangan untuk meminimalkan potensi kebakaran dan hal lain.

Sementara itu, Kapolsek Bukittinggi, AKP Rita Suryanti, membenarkan adanya satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan karena diduga terkait dengan kebakaran di Pasar Bawah.

“Benar, ada satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan dan sudah ada di Polres Bukittinggi. Statusnya masih dalam pemeriksaan (terperiksa),” tandasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.