Pemekaran Papua, Mendagri: Aspirasi Masyarakat Cukup Tinggi

by -24 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, aspirasi masyarakat tentang pemekaran Papua menjadi enam provinsi terus berdatangan.

“Aspirasi pemekaran itu cukup tinggi kita rasakan,” kata Tito dalam rapat dengan Panitia Khusus Revisi UU Otsus Papua di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, ditulis Jumat (9/4/2021).

Mendapatkan aspirasi tersebut, pusat pun mengusulkan enam provinsi. Antara lain Provinsi Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Pegunungan Tengah, Papua Selatan, dan Papua Tabi Saireri. Usulan tersebut masih dalam perdebatan.

Tito menekankan bahwa pemerintah pusat ingin pemekaran wilayah Papua tanpa harus melalui persetujuan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

“Kenapa opsi ini disampaikan, karena opsi di MRP dan DPRP persetujuan. Kalau terkunci di sana, kalau deadlock di situ,” ujarnya.

Sebab pada dasarnya, pemekaran dilakukan demi memenuhi misi pemerintah pusat dalam rangka percepatan pembangunan dan meningkatkan layanan publik demi kesejahteraan masyarakat di sana.

Namun demikian kata dia, opsi tersebut tetap memperhatikan kesatuan sosial budaya, adat, kesiapan SDM, kemampuan ekonomi, perkembangan di masa mendatang, serta aspirasi masyarakat Papua melalui MRP DPRP dan pihak-pihak lain yang terkait.

“Ini semua tergantung kemampuan keuangan kami kira, dan juga hasil daripada revisi ini,” tukasnya.

Foto: Mendagri Tito Karnavian (ANTARA News Papua/HO-Puspen Kemendagri)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…