Pemkot Tangerang Desak Mendagri Seragamkan Aturan Mudik

by -17 views

Jamaninfo, Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membuat peraturan yang seragam untuk diterapkan seluruh pemerintah daerah terkait larangan mudik Lebaran 2021.

“Mudah-mudahan Kemendagri juga sensitif sebagai pembina Pemda,” ungkap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah kepada rri.co.id, Kamis (8/4/2021).

Arief menegaskan, Kemendagri harus mengeluarkan aturan-aturan yang bisa disepakati untuk dilaksanakan dan tidak hanya oleh Kota Tangerang.

Dia mengaku, di Kota Tangerang banyak pekerja yang berasal dari kota atau kabupaten lain. Terlebih Kota Tangerang termasuk salah satu wilayah yang dekat dengan Ibu Kota Indonesia, yakni DKI Jakarta.

“Yang namanya daerah perkotaan di sekitar Jakarta, selalu banyak pendatang, banyak kontrakan, kosanbdan sebagainya,” imbuh Arief.

Oleh karena itu, Arief meminta pemerintah pusat membuat aturan yang lebih spesifik terkait hal-hal yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk menerapkan larangan mudik Lebaran 2021. Salah satu terkait sanksi bagi perusahaan yang diketahui mengizinkan karyawannya mudik Lebaran 2021.

“Di aturan belum ada. Nanti kamu coba evaluasi dan konsultasi ke pusat juga. Sebenernya karena itu aturan harus seragam,” tuturnya.

Sejatinya, Arief mendukung adanya Surat Edaran (SE) terkait larangan Mudik Lebaran yang berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Larangan yang tercantum dalam SE Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…