Penanganan Covid-19 di Indonesia Menunjukkan Tren Positif

by -25 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah terus meningkatkan testing rate nasional menjadi 4,22 orang diperiksa per 1000 penduduk per pekan. 

“Ini di atas standar WHO atau Badan Kesehatan Dunia yaitu satu orang diperiksa per 1000 penduduk per pekan sebagai parameter surveilans yang komprehensif,”  ujar Jubir Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut Nadia memastikan, seluruh provinsi telah mencapai standar minimal tersebut dengan beberapa provinsi mencatatkan testing rate yang cukup tinggi yaitu di Bali, Riau, Kalimantan Timur dan DKI Jakarta.

Sementara positivity rate secara nasional, Nadia menyebut, telah mencapai angka 4 persen atau lebih kecil dari standar WHO, kurang dari 5 persen. 

BACA JUGA: Level PPKM Turun Jika Target Vaksinasi Tercapai

“Seluruh 34 provinsi telah mencapai target positivity rate kurang dari lima persen,” kata Nadia.

Lebih lanjut Nadia menambahkan, penggunaan tempat tidur rumah sakit yang diukur dengan Bed Occupancy Rate atau BOR mengalami penurunan.

“Saat ini tidak ada provinsi yang mencatatkan bor di atas 80 persen, baik untuk BOR total maupun BOR ICU. Hal ini juga menjadi salah satu target vaksinasi untuk mencegah keparahan jika seseorang yang telah mendapatkan vaksinasi terinfeksi COVID-19,” tambahnya.

Nadia menyatakan, tren positif di hampir seluruh indikator merupakan salah satu bukti keseriusan semua untuk dapat mengendalikan pandemi COVID-19 di tanah air. 

“Yang harus diingat, upaya terberat selanjutnya adalah bagaimana mempertahankannya,” pungkasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.