Penerima Vaksin Primer Pfizer Belum Dapat Dibooster

by -9 views

Jamaninfo, Jakarta: Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan penerima vaksin primer Pfizer belum masuk ke dalam tahapan awal pemberian vaksin ketiga atau booster.

“Belum ditentukan karena kan belum sampai 6 bulan,” kata Siti Nadia kepada wartawan, Kamis (12/1/2022).

Nadia pun memastikan Kementerian Kesehatan akan mengumumkan kembali kombinasi vaksin booster yang akan diberikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada dalam waktu dekat.

“Iya (pengumuman kombinasi),” ujarnya.

Program booster vaksinasi Covid- 19 telah dimulai 12 Januari 2022. Target awal kepada 21 juta orang di bulan Januari. Dengan ini, Pemerintah Indonesia berupaya berkontribusi besar terhadap komitmen dari WHO. Untuk mencapai target 70% populasi dunia tervaksinasi di pertengahan tahun 2022.

Untuk vaksinasi booster di Indonesia, fokus utamanya vaksin memperkuat kekebalan komunitas di daerah yang kekebalan komunitasnya sudah mulai terbentuk. Program ini diprioritaskan bagi kabupaten/kota yang capaian dosis pertama sudah 70% dan 60% untuk dosis keduanya. 

Adapun sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

“Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 dan termasuk varian-varian barunya,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers secara virtual, Selasa (11/1/2022).

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.