Pengering Pakaian Penebar Serat Mikro di Udara

by -10 views

Jamaninfo, Washington: Tidak ada yang suka ketika pakaian favorit mereka berlubang atau terurai setelah berulang kali dicuci. Tapi apa yang terjadi dengan potongan-potongan kain dan jahitan yang terlepas? 

Meskipun diketahui bahwa mencuci pakaian melepaskan serat mikro ke dalam air limbah, tidak jelas bagaimana dampak pengeringannya terhadap lingkungan. Studi percontohan di ACS ‘Environmental Science & Technology Letters melaporkan bahwa pengering tunggal dapat mengeluarkan hingga 120 juta serat mikro per tahun — jauh lebih banyak daripada dari mesin cuci.

Serat mikro dapat berasal dari kain alami, seperti katun, atau kain sintetis, seperti poliester — yang juga dianggap sebagai mikroplastik. Melepaskan serat mikro ke lingkungan menjadi perhatian karena mereka dapat menyerap dan mengangkut polutan jarak jauh. Dan serat itu sendiri bisa menjadi iritasi jika tertelan atau terhirup. 

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa serat mikro dilepaskan dari mesin cuci pakaian ke dalam air cucian, tetapi limbah ini diolah, menghilangkan sebagian atau sebagian besar serat sebelum air dibuang ke got atau sungai. Namun, hanya ada sedikit informasi tentang apakah pengering, yang udaranya melewati saluran dan dibuang langsung ke luar ruangan, merupakan sumber penting serat mikro di udara dan kontaminasi mikroplastik di alam.

Kai Zhang, Kenneth Leung, dan rekan mencoba menghitung serat mikro yang dihasilkan oleh pakaian katun dan poliester dalam pengering untuk memperkirakan jumlah yang dilepaskan ke udara luar dari cucian rumah tangga setiap tahunnya, seperti dikutip dari American Chemical Society, Kamis (13/1/2022).

Para peneliti secara terpisah mengeringkan pakaian yang terbuat dari poliester dan yang terbuat dari katun dalam mesin pengering yang memiliki pipa ventilasi ke luar ruangan. Saat mesin berjalan selama 15 menit, mereka mengumpulkan dan menghitung partikel udara yang keluar dari ventilasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis pakaian tersebut menghasilkan serat mikro, yang menurut tim berasal dari gesekan pakaian yang saling bergesekan saat terjatuh. Untuk kedua kain, pengering melepaskan antara 1,4 dan 40 kali lebih banyak fragmen mikroskopis daripada yang dihasilkan oleh mesin cuci dalam penelitian sebelumnya untuk jumlah pakaian yang sama. 

Mereka juga menemukan bahwa pelepasan serat mikro poliester meningkat dengan lebih banyak pakaian di pengering, sedangkan pelepasan serat mikro kapas tetap konstan terlepas dari ukuran beban. 

Para peneliti memperkirakan ini terjadi karena beberapa serat mikro kapas berkumpul dan tidak dapat bertahan di udara, sebuah proses yang tidak terjadi pada poliester. Akhirnya, tim memperkirakan bahwa antara 90 dan 120 juta serat mikro diproduksi dan dilepaskan ke udara di luar oleh rata-rata satu pengering rumah tangga Kanada setiap tahun. 

Untuk mengontrol pelepasan serat mikro di udara ini, sistem filtrasi tambahan harus disesuaikan untuk ventilasi pengering, kata para peneliti.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.