Perkuat Kolaborasi, Inggris Sebut Indonesia Sangat Strategis

by -16 views

Jamaninfo, Jakarta: Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab berkomitmen meningkatkan kerja sama keamanan dan pertahanan dengan kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. 

Dominic Raab mengatakan, tinjauan Integrated Review, yang merupakan kajian komprehensif untuk kebijakan luar negeri Inggris, menunjukkan betapa strategisnya Indonesia bagi Inggris.  

“Ini mungkin artikulasi kebijakan luar negeri Inggris yang paling komprehensif selama satu generasi. Integrated Review menetapkan visi kami untuk Inggris di dunia – menempatkan Indo-Pasifik di jantungnya, dan Indonesia di jantung visi itu,” kata Dominic Raab di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

“Menurut saya, hal ini menunjukkan tidak hanya pada masalah materi spesifik yang kita diskusikan, tetapi juga sebenarnya pandangan strategis kami tentang dunia – betapa pentingnya Indonesia,” tegas Raab.

Lebih lanjut, Dominic Raab membahas dan menyepakati bidang kerja sama baru dengan Indonesia di bidang keamanan dan perdagangan. Turut mendukung sektor kreatif di Indonesia, tetapi juga pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia – dalam hal lintasan dan visi Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan.

“Kami sedang mempersiapkan kunjungan Carrier Strike Group Inggris ke wilayah ini pada akhir tahun ini – dan menurut saya, dengan semua area lain yang dijelaskan Menteri Retno – kerja sama pertahanan dan keamanan, kunjungan itu adalah momen penting bagi kami untuk memperkuat area-area kolaborasi,” jelasnya. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…