Pintu Masuk ke Indonesia Kini Hanya Melalui Enam Titik

by -54 views

JMOL. Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian virus baru covid-19 termasuk Varian Mu (B.1.621) masuk ke Indonesia, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menerbitkan aturan baru yang membatasi kedatangan Internasional hanya melalui 6 (enam) pintu masuk.

Keenam pintu masuk tersebut, melalui jalur darat, laut dan udara, diatur dalam Surat Edaran Kemenhub tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dari Luar Negeri dengan Transportasi Darat (SE No.75/2021), Laut (SE No.76/2021), dan Udara (SE No.74/2021). Unduh di sini

Pesawat udara hanya boleh mendarar di bandara Soekarno Hatta (Banten) dan Sam Ratulangi (Manado). Kapal laut hanya boleh bersandar di Pelabuhan Batam dan Pelabuhan Nunukan (Kaltara). Sementara untuk PLBN, pemerintah hanya membuka Terminal Entikong dan Aruk, Kalimantan Barat.

“Mulai berlaku efektif pada 16 September 2021 untuk darat dan laut, serta 17 September 2021 untuk udara, sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan terakhir di lapangan,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, di Jakarta, Rabu lalu (15/09/2021).

Pembatasan ini diberlakukan untuk pekerja migran Indonesia (PMI), WNI, dan WNA, awak kapal penumpang maupun kargo, dan personel penerbangan yang akan masuk ke Indonesia.

Semuanya wajib melakukan tes PCR H-3 sebelum keberangkatan serta di lokasi kedatangan baik itu di pelabuhan, bandara, maupun PLBN. Sedangkan protokol kesehatan tetap mengikuti SE Satgas Penanganan COVID-19. [AF]

Baca Selengkapnya..

No More Posts Available.

No more pages to load.