PKS: Guru Pahlawan di Masa Pandemi

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 menghadirkan berbagai tantangan dunia pendidikan Indonesia agar dapat terus berjalan. 

Menurut  Ketua Bidang Kesos DPP PKS Netty Prasetiyani, dunia pendidikan juga dituntut berperan dalam penanganan  kedua kondisi tersebut, guru memainkan peran signifikan. 

“Guru di Indonesia memainkan dua peran sentral sekaligus. Di satu sisi harus berjuang menghadapi dampak pandemi sembari memastikan proses pembelajaran tetap berjalan optimal meski tidak bertatap muka, di sisi lain guru juga umumnya terlibat aktif dalam penanganan Covid-19 dengan mengedukasi murid terkait protokol kesehatan,” ungkap Netty dalam keterangan yang diterima RRI, Jumat (26/11/2021). 

“Para guru biasanya lebih terbuka dengan informasi dan lebih mampu menyaring berbagai berita yang beredar sehingga mendapatkan informasi yang sahih tentang Covid-19. Di mata masyarakat, guru pun umumnya menjadi rujukan informasi bagi warga terkait berbagai hal, termasuk masalah Covid-19. Edukasi yang dilakukan oleh para guru berperan dalam menangkal berbagai hoaks yang muncul di masyarakat.”, lanjut Netty. 

Oleh karena itu, lanjutnya, para guru merupakan pahlawan yang nyata di masa pandemi dengan keilmuan dan ketokohan mereka dalam memastikan pembelajaran terlaksana. Para guru juga telah mengedukasi masyarakat dengan informasi yang valid, mencontohkan protokol kesehatan, mengajak vaksinasi dan sebagainya. 

“Alhamdulillah saat ini pandemi sudah melandai, kita juga layak berterima kasih kepada para guru,” tuturnya. 

Ia mengatakan saat ini Indonesia telah masuk masa pemulihan pandemi. Untuk itu peran guru dinilai luar biasa. 

“Insyaallah para guru menjadi pelopor terdepan dalam mengimplementasikan tema Hari Guru Nasional 2021, yaitu Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Dengan segala hormat dan cinta, kami mendoakan para guru semoga senantiasa sehat dan mendapat berkah dalam menjalani semua aktivitas,” pungkasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.