Polair Polres Dompu Amankan Nelayan Pengebom Ikan

by -16 views

Jamaninfo, Dompu: Pasca mendapat keluhan dari Kepala Desa Kiwu, kecamatan Kilo Kabupaten Dompu,  Nusa Twnggara Barat, Edi Yanto, terkait maraknya kembali pelaku bom ikan diwilayahnya, Polres Dompu bergerak cepat. Sekelompok nelayan pelaku bom ikan, berhasil diamankan. 

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat mengatakan, Tim Polair Polres Dompu, bersama Polsek Kilo berhasil menggelandang sekelompok nelayan pelaku bom ikan di lerairan Desa Kiwu. 

“Saat itu anggota yang bertugas tidak menemukan aksi tersebut. Karna menurut masyarakat setempat, para nelayan telah mendapatkan informasi tetang kedatangan petugas,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Namun, dengan patroli yang intens ditambah lagi dilakukan dengan sangat tertutup, akhirnya pelaku yang selama ini meresahkan, berhasil ditangkap. Saat itu anggota langsung menunggu pelaku menyadar di pesisir pantai.

“Setibanya di pesisir para terduga pelaku langsung diamankan anggota Polair Polres Dompu bersama Kapolsek Kilo, IPTU Yuliansyah dan anggotanya,” terangnya. 

Saat ditangkap, aparat keamanan mengamakan para terduga pelaku dan barang bukti berupa satu unit kapal bernama “Kasimpawali”, kompresor, selang, sepasang sepatu katak, panah ikan, jaring ikan, senter, lampu kelip kapal dan ikan.

Pelaku yang diamankn adalah LT (21) dan MD (36) masih lidik. Sementara HN (21) sudah diamankan. Mereka merupakan nelayan asal Desa Kiwu, Kecamatan Kilo. Dan terduga pelaku lainnya, SLM (45), AS (40) dan ASW (22). 

“Mereka ini merupakan satu keluarga yang terdiri dari ayah, istri dan anak asal Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima,” jelasnya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi munculnya tindakan yang serupa. Perlu dilakukan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kecamatan Kilo maupun Kabupaten Dompu untuk dilakukan patroli gabungan guna menjaga keamanan wilayah laut dan pesisir.

Kegiatan penangkapan ilegal fishing di wilayah perairan Kecamatan Kilo, khususnya Desa Lasi dan Desa Kiwu sudah sangat meresahkan masyarakat. Untuk sementara, para terduga pelaku pengeboman ikan sudah diamankan di Mapolres Dompu untuk pengembangan lebih lanjut.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…