Polri Segera Evaluasi Kinerja Satgas Nemangkawi

by -17 views

Jamaninfo, Jakarta: Polri akan mengevaluasi kerja Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi dalam pengejaran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Evaluasi tersebut akan memengaruhi langkah pengejaran selanjutnya.

Asisten Operasional Kapolri Irjen Imam Sugianto menjelaskan, evaluasi akan dilakukan setelah pelabelan KKB sebagai teroris.

“Akan dievaluasi untuk efiktivitasnya,” kata Imam saat dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Menurut Imam, untuk strategi pengejaran yang akan diubah menunggu petunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Namun, Satgas Nemangkawi sendiri direncankan akan memulai strategi baru pada saat perpanjangan masa kerja, yang diketahui akan berakhir pada 1 Juni 2021.

“Penambahan personel dan perubahan pola pengejaran sedang on going karena waktu Ops tahap 1 selesai Juni nanti,” tutur Imam.

Imam menuturkan, saat ini peningkatan patroli pengamanan di Papua semakin dimasifkan. Hal itu guna menjaga masyarakat dan memberikan rasa ketenangan.

Sebelumnya, Menteri Polhukam Mahfud MD mengumumkan KKB masuk dalam kategori teroris. Para anggota KKB pun akan masuk dalam DPO teroris.

Mahfud menyatakan, Polri, BIN dan TNI telah diintruksikan untuk melakukan tindakan tegas dan terukur menurut hukum. Namun, dia tetap berpesan jangan sampai menyasar masyarakat sipil di Papua.

Sebagian pihak berpandangan pelabelan teroris pada KKB akan mengancam keseamatan masyarakat Papua. Benar saja, OPM pun mendeklarasikan akan melakukan penyisiran masyarakat pendatang yang berada di wilayah pesisir.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…