Polri Tetap Beri Informasi Keluarga Korban SJ182

by -16 views
Berita Terkini

, Jakarta: Pihak Rumah Sakit Kepolisian Republik Indonesia (RS Polri) memastikan bahwa meski dalam proses pengembalian jenazah korban Sriwijaya Air SJ182 sudah dalam pemakaman oleh keluarga, pihaknya akan tetap memberitahukan kepada keluarga untuk turut menyertakan bagian tubuh lain jika ditemukan dalam proses pencarian.

“Nanti kita bisa sampaikan ke keluarganya, nanti bagaimana keluarganya terhadap body part yang ditemukan setelah korban dikembalikan kepada keluarga,” kata Karopenmas RS Polri, Brigjen Pol Rusdi, di RS Polri, Rabu (11/1/2021).

Rusdi juga menyampaikan bahwa 9 keluarga belum menyerahkan sample DNA. Sementara hingga hari ini, pihak RS Polri baru menerima  112 sample DNA.

“Sekarang yang jelas kami telah mendapatkan 112 sampel DNA dan belum semua keluarga memberikan sampel tersebut, kami masih kurang 9 keluarga yang belum menyampaikan sampel DNA nya. Oleh karena itu kami berharap 9 keluarga ini bisa memberikan sampel DNA nya,” jelasnya.

Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Kombes Dr Ratna mengatakan bahwa pihaknya akan menghubungi pihak Sriwijaya Air terkait 9 dari keluarga penumpang ini yang belum memberikan data DNA nya. Selain itu, dalam pemeriksaan DNA pada tubuh korban, menjadi tantangan tersendiri lantaran bagian tubuh yang lama terendam air.

“Bagaimana kondisi para korban, kemudian body part itu ada terendam di air. Ini memang menjadi tantangan kita untuk lebih teliti dan hati-hati,” tutur Ratna.

“Kita harus mengisolasi, mensterilkan dengan alat-alat tertentu bahwa body part tersebut tidak terkontaminasi dengan body part lain,” imbuhnya.

Ratna melanjutkan bahwa dalam pemeriksaan DNA pihak keluarga juga bisa memberikan sejumlah barang yang kerap digunakan korban. Selain memang sample DNA bisa didapatkan dari orangtua ataupun anak dari korban.

Selengkapnya…