Posko Terpadu Apartemen Disiapkan Cegah Perdagangan Orang

by -11 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah tidak pernah menutup peluang warganya untuk menjalankan bisnis, melakukan investasi,  atau segala kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kegiatan-kegiatan tersebut tidak menyimpang.

Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Nahar mengatakan, perlindungan anak harus diutamakan agar terhindar dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang belakangan kerap terjadi di Apartemen.

“Kemen PPPA, KPAI, dan Pemerintah Daerah akan menurunkan tim untuk bertugas di Posko Terpadu di lingkungan salah satu Apartemen di Jakarta Selatan agar memudahkan warga yang akan melaporkan kasus-kasus anak,” kata Nahar dalam keterangan yang diterima RRI.co.id, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan peninjauan lokasi tindak pidana perdagangan anak yang kerap terjadi di lingkungan Apartemen.

Peninjauan lokasi tersebut ditindaklanjuti dengan pertemuan terbatas untuk membahas tindak lanjut penanganan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) bersama pihak terkait.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Komisioner KPAI Ai Maryati Solihah, Pemerintah Daerah DKI, UPTD P2TP2A DKI, Polresta Jakarta Selatan bersama Badan Pengelola salah satu Hunian Modern (Apartemen) di wilayah Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati beberapa tindaklanjut bagi pencegahan dan penanganan prostitusi anak, diantaranya melakukan review atau peninjauan kembali.

“Pemerintah akan terus berkomitmen untuk menindaklanjuti kasus-kasus TPPO. Serta melakukan penguatan regulasi, baik regulasi di tingkat Provinsi maupun regulasi di tingkat Pusat. Khususnya terkait sanksi bagi ‘agent nakal’ dan pemilik hunian yang terbukti melakukan pembiaran atas kasus TPPO/prostitusi anak,” tambahnya.

Selanjutnya, jika langkah ini dinilai efektif, mungkin upaya serupa akan dilakukan di beberapa apartemen lain di Wilayah Jakarta.

“Kami juga mendukung dan terus mendorong Kepolisian dalam penegakan hukum kasus-kasus TPPO pada anak terutama yang saat ini sedang ditangani,” terang Nahar.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.