Presiden Jokowi: 57 Bendungan Dibangun Hingga 2024

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut, sebanyak 57 buah bendungan akan dibangun  hingga akhir tahun 2024 mendatang. Hal itu disampaikan saat meresmikan Bendungan Bintang Bano pada Jumat (14/01/2022). 

“Insya Allah, pada akhir tahun 2024, total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air,” jelas Presiden Jokowi.

 Jokowi beralasan, pembangunan bendungan menjadi sangat penting, karena berkaitan dengan ketahanan pangan.

“Kenapa ini kita bangun bendungan-bendungan ini, ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan, hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ini ada air. Kuncinya ada air. Dan air akan ada, kalau kita memiliki bendungan yang sebanyak-banyaknya,” tutur Jokowi lebih lanjut. 

Para petani yang berada di wilayah sekitar bendungan mengaku bersyukur dengan pembangunan Bendungan Bintang Bano. Salah satunya Ahyar Rosadi, petani dari Desa Moteng yang mengatakan bahwa saluran irigasi dari bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka lahan baru. 

“Dengan adanya Bendungan Bintang Bano ini lahan-lahan yang dilalui saluran irigasi ini bisa kita manfaatkan lagi untuk membuka lahan-lahan baru untuk para petani karena space dari yang dulunya masuk tadah hujan, sekarang bisa kita manfaatkan untuk lahan pertanian,” ujar Ahyar. 

Selain itu, Bendungan Bintang Bano ini mampu mereduksi banjir yang terjadi di Desa Moteng. Ahyar mengungkapkan, dengan adanya bendungan tersebut, banjir di desanya sudah tidak pernah terjadi lagi dalam dua tahun terakhir.  (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.