Presiden Resmikan Terminal Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo

by -25 views

JMOL. Hari ini, Kamis (14/10), Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terminal Wae Kelambu dibangun agar pelabuhan Labuhan Bajo yang lama fokus melayani penumpang. Aktivitas bongkar muat barang sekarang dipindahkan melalui Wae Kelambu. Sesuai Kepmenhub Nomor KM 117 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Pelabuhan Labuan Bajo, Terminal multi purpose ini melayani peti kemas, general cargo dan curah cair,

“Kita memang ingin Pelabuhan Labuan Bajo yang lama bersih, karena di sana adalah kawasan wisata. Sehingga kita geser ke sini untuk terminal (khusus logistik)” kata Presiden.

Presiden mengatakan, Wae Kelambu adalah terminal logistik yang besar, sehingga dalam jangka 10 s.d 15 tahun kedepan masih dapat digunakan mendistribusikan barang-barang logistik di NTT dan sekitarnya.

Menurut Menhub, Terminal Wae Kelambu mulai dibangun pada Agustus 2020 menggunakan dana APBN dan BUMN. Konstruksi sisi laut dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya. Konstruksi sisi darat oleh PT Wijaya Karya, berkoordinasi dengan PT Pelindo (d/h Pelindo III) yang menjadi operator terminal.

Fasilitas

Adapun fasilitas utama sisi laut yang telah dibangun antara lain: Dermaga (120×20) meter persegi, Trestle (60×12) meter persegi, Causeway (690×20) meter persegi dengan lebar jalan 10,5 meter, kolam pelabuhan yang dapat disandari kapal hingga berukuran 25.000 DWT,  Container Yard (3 Hektar),

Sedangkan fasilitas di sisi darat adalah Gedung KSOP Kelas III Labuan Bajo 378 meter persegi, Power House, Workshop, Gate Utama dan Gate in/out, Kantor Operasional, Base Transceiver Station (BTS), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), Gudang, Masjid, Terminal BBM dan fasilitas pendukung lainnya.

Turut hadir dalam peresmian Terminal Wae Kelambu antara lain: Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Menteri I & II BUMN, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia Persero Arif Suhartono, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. [AS]

Baca Selengkapnya..

No More Posts Available.

No more pages to load.