PSBB Jakarta Diperketat, Warga Wonogiri Mudik Melonjak

by -5 views
Berita Terkini

Wonogiri: Dampak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta juga berimbas terhadap kaum boro atau perantau asal kabupaten wonogiri pulang kampung (mudik) ke kampung halamannya.

Kedatangan warga yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang itu dilaporkan terlihat sejak hari, Minggu (13/09/2020), di terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

“Jumlah pemudik yang datang khusus pada hari Minggu lalu sempat terjadi lonjakan mencapai 80 persen dibandingkan pada hari sebelum pemberlakukan PSBB,” kata Kepala Terminal Giri Adipura Wonogiri Agus Hasta Purwanto dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

Dijelaskan, pada hari  Senin-Jumat jumlah penumpang yang datang hanya mencapai sekitar 2.000 orang.

“Kami juga tidak bisa memprediksi untuk kedatangan penumpang pasca pemberlakukan PSBB di Jakarta. Sebab kedatangan kaum boro tidak ada pemberitahuan. Meski demikian, pihak terminal tetap memberlakukan protokol kesehatan oleh tim Satgas Covid 19 kabupaten Wonogiri,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Warga Wonogiri Manunggal Sedyo (Pawon Mas) Agus Suparyanto mengatakan, berdasarkan laporan dari koordinator warga Wonogiri di masing-masing wilayah Jakarta dan sekitarnya, mayorias masih tetap menjalankan profesinya yakni berjualan bakso dan mie ayam, sehingga aktivitas mudik belum signifikan

“Jika harus memaksa pulang mudik kami mohon untuk tetap menjaga protocol kesehatan pake masker, jaga jarak, cuci tangan, dan lainnya sehingga setibanya di kampung halaman justru tidak menambah klaster baru,” pungkasnya.

Selengkapnya…