PT SAL Peroleh Konsesi Kelola Terminal Umum 37 Tahun di Pelabuhan Samarinda

by -82 views
Berita Terkini

JMOL. Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan PT Sarana Abadi Lestari (SAL) mencapai kesepakatan kerjasama jasa kepelabuhanan pada Terminal Umum PT Sarana Abadi Lestari di Pelabuhan Samarinda. PT SAL mendapat konsesi pengelolaan terminal tersebut selama 37 tahun.

Kepala KSOP Kelas II Samarinda Capt. Dwi Yanto saat penandatanganan Perjanjian Konsesi di Samarinda, Rabu (17/6), mengatakan pengusahaan Terminal Umum PT Sarana Abadi Lestari telah sesuai dengan Rencana lnduk Pelabuhan (RIP) Nasional tahun 2017 dan Rencana Induk Pelabuhan Samarinda tahun 2006.

Ruang lingkup Perjanjian Konsesi di atas meliputi: pengusahaan, pengoperasian dan pengembangan jasa kepelabuhanan; penetapan segmen dan objek perjanjian; penyusunan, penetapan dan pemungutan tarif; dan lain-lainnya. Sementara berdasarkan persetujuan dari
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur,  jangka waktu konsesi ditetapkan selama 37 tahun dengan fee konsesi sebesar 5% per tahun.

PT SAL sebelumnya mengoperasikan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) untuk menunjang kegiatan usahanya di bidang industri kimia dasar organik.

Perubahan status menjadi terminal umum dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas, efisiensi dan efektifitas dalam pengusahaan di pelabuhan melalui penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan, dan menambah pendapatan negara melalui pembayaran konsesi sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Di akhir masa konsesi, aset berupa terminal milik oleh PT SAL akan diserahkan negara melalui kepada Kantor KSOP Kelas II Samarinda. [AF]

Baca Selengkapnya..