Ratusan Lokasi Wifi Gratis di Jakarta Barat

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Barat menyediakan WiFi secara gratis untuk masyarakat.

Program yang dinamai JakWIFI ini tersebar di 142 Rukun Warga (RW) dengan 446 lokasi di wilayah Jakarta Barat. 

“JakWIFI ada 466 lokasi yang tersebar kurang lebih di 142 RW di Jakarta Barat. Itu untuk 2021,” kata Kepala Seksi Komunikasi dan Jaringan Data Suku Dinas Kominfotik Jakarta Barat Nur Izzuddin saat dihubungi wartawan, Jumat (26/11/2021)

Izzudin mengatakan, program tersebut merupakan progran lanjutan yang dilakukan sejak tahun 2020. 

Menurut Izzudin, pemasangan WiFi gratis ini diprioritaskan untuk pemukiman yang padat penduduk. Sehingga masyarakat yang kurang mampu bisa mengakses internet.

“Karena selama pandemi ini kaya sekolah kan online ya, jadi lebih membantu. Ke depannya bukan hanya pembelajaran tapi ke UMKM yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Izzudin menjelaskan, Jakwifi memiliki kecepatan jaringan sekutar 20 MBPS.

Namun kelemahan Jakwifi, lanjut Izzudin, tidak dapat menembus dinding, seperti WiFi pada umumnya.

“Namanya WiFi kan beda sama jaringan seluler, kalau seluler kan bisa nembus nembus dinding. Kalau WiFi kena dinding bangunan enggak tembus. Jadi, kelemahannya itu sih,” paparnya. 

Tidak menutup kemungkinan, jika penambahan luas wilayah WiFi gratis ini akan bertambah seiring dengan waktu atau ketersediaan anggaran.

“Kemungkinan ditambah, tapi itu domainnya pimpinan. Tapi, setahu saya ditambah. Kita sejauh ini masih mengumpulkan data,” pungkasnya.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.