Rindu Bolu Peca Santap Takjil, Ini Resepnya

by -14 views

Jamaninfo, Kutai Barat: Tidak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan bertemu Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Bulan yang sangat dirindukan umat Muslim dikarenakan banyak amalan serta pahala hingga ampunan sang maha pencipta kepada hambanya.

Selain itu momen berkumpul bersama keluarga juga dirindukan di bulan tersebut, berburu makanan atau ngabuburit di sore hari menjelang waktu berbuka menjadi hal yang gemar dilakukan masyarakat Muslim.

Seperti seorang warga Melak di Kabupaten Kutai Barat Febriansyah mengatakan, terdapat sejumlah makanan favorit yang disukai saat berbuka puasa yakni Bolu Peca makanan khas dari Kota Makassar.

“Jelas yang dirindukan ya berkumpul antara keluarga momen itulah yang paling berkesan, bulan puasa itu biasanya bolu peca dari Makassar Sulawesi Selatan,” kata Febri kepada RRI.co.id, Kamis (8/4/2921).

Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

2 sdm tepung ketan6 sdm tepung beras3 butir telur1/2 sdm soda kue200 gram gula merah200 ml air

Cara Membuat

Siapkan wajan terlebih dahulu. Kemudian, campurkan tepung beras dan tepung ketan. Sangrai keduanya hingga menjadi satu. Setelah itu sisihkan dan dinginkan.

Selanjutnya kocok telur dan soda kue hingga mengembang, dan tambahkan tepung yang sebelumnya sudah disangrai, lalu aduk hingga rata.

Olesi loyang dengan sedikit minyak. Setelah itu, kukus adonan hingga matang selama beberapa menit.

Setelah adonan bolu matang, potong-potong dan dinginkan terlebih dahulu. Kemudian, masak air dan gula merah di atas wajan.

Setelah air dan gula merah larut, masukkan bolu yang sudah dingin. Masak hingga gulanya menyerap ke dalam bolu. Setelah matang bolu peca siap disajikan.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…