[SALAH] “AKHIRNYA TERJADI..!!!. RUMAH EDI BASKORO DISEGEL. TERLIBAT KASUS HAMBALANG AKHIRNYA KPK LAKUKAN INI”

by -32 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya dalam video berdurasi 10 menit 3 detik tersebut memuat informasi yang tidak sesuai dengan narasi pada thumbnail video.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

Sumber: Youtube
https://archive.ph/Ta7l4

Narasi:
“AKHIRNYA TERJADI..!!!. RUMAH EDI BASKORO DISEGEL. TERLIBAT KASUS HAMBALANG AKHIRNYA KPK LAKUKAN INI”

Penjelasan:
Channel Youtube bernama teropong istana beberapa waktu lalu membagikan sebuah video berdurasi 10 menit 3 detik yang berdasarkan narasi pada thumbnail, video tersebut menginformasikan tentang penyegelan rumah Edhie Baskoro Yudhoyono oleh KPK karena keterlibatannya dalam kasus korupsi proyek hambalang.

Namun pada foto thumbnail, sangat terlihat jelas bahwa terdapat editan pada bagian badan dari sosok yang digambarkan sebagai Edhie Baskoro. Lalu setelah video tersebut diputar, informasi yang disampaikan pula ialah informasi mengenai pendapat Alif Furahman, seorang penggiat media sosial terkait dengan pertanyaan mengenai alasan mengapa Edhie Baskoro atau biasa dipanggil Ibas tidak diangkat sebagai ketua umum partai demokrat, melainkan Agus Harimurti Yodhoyono lah yang diangkat menjadi ketua umum partai demokrat saat ini.

Selain pendapat terkait pertanyaan tersebut. Video berdurasi 10 menit 3 detik itupun menginformasikan terkait dengan ketidakpuasan yang dirasakan oleh anggota partai demokrat atas kepemimpinan AHY saat ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada video tersebut tidaklah memuat satu informasi pun terkait dengan penyegelan rumah Edhie Baskoro oleh KPK.

Melansir dari lingkarkediri.pikiran-rakyat.com dan seputartangsel.com, informasi terkait penyegelan rumah Edhie Baskoro ialah informasi salah atau hoax, karena tidak ditemukan pula informasi yang valid terkait dengan informasi yang disampaikan dalam narasi pada thumbnail video.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait penyegelan rumah Edhie Baskoro Yudhoyono ialah informasi yang salah atau masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://lingkarkediri.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-672276205/cek-fakta-rumah-edhie-baskoro-yudhoyono-resmi-disegel-kpk-beserta-aset-yang-dimilikinya

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-142275466/kpk-diisukan-segel-rumah-putra-sby-edhie-baskoro-yudhoyono-ibas-karena-kasus-hambalang-simak-faktanya

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “AKHIRNYA TERJADI..!!!. RUMAH EDI BASKORO DISEGEL. TERLIBAT KASUS HAMBALANG AKHIRNYA KPK LAKUKAN INI” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.