[SALAH] Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Makan Mewah di Depan Anak-anak Miskin yang Kelaparan

by -22 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

FOTO EDITAN. Gambar asli di jendela kaca samping tempat Greta duduk adalah pemandangan hutan.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

====

SUMBER: Twitter
http://archive.today/JtcwG

====

NARASI:

Fake environment activities @GretaThunberg

#AskGretaWhy
* Foto Greta Thunberg makan mewah di depan anak-anak miskin yang kelaparan

====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Twitter oleh akun @joinmanishpande memperlihatkan aktivis lingkungan dari Swedia, Greta Thunberg sedang makan makanan mewah di depan anak-anak berkulit hitam yang sedang kelaparan. Pemandangan tersebut tampak di kaca jendela samping tempat Greta duduk.

Akun @joinmanishpande menarasikan bahwa aktivitas penyelamatan lingkungan yang dilakukan Greta palsu. Postingan tersebut beredar disertai dengan hashtag #AskGretaWhy yang sempat trending di Twitter beberapa pekan lalu.

Setelah dilakukan pencarian fakta, ditemukan bahwa gambar tersebut adalah HASIL EDITAN. Foto asli pernah diunggah oleh akun resmi Greta Thunberg di twitter (@GretaThunberg). Postingan yang diunggah pada 22 Januari 2019 tersebut memperlihatkan Greta sedang makan di dalam kereta dan tampak pemadangan di sebelahnya adalah hutan. Terbaca caption dalam postingannya, “Lunch in Denmark.”.

Lebih lanjut, pencarian fakta dilakukan untuk mengetahui konteks asli dari foto anak-anak yang tampak malang tersebut. Setelah dilakukan pencarian gambar menggunakan Google, foto yang sama persis pernah dimuat dalam laman berita Reuters dengan judul “Bush war leaves Central African villages deserted”, tayang pada (30/08/2007).

Keterangan pada gambar menjelaskan, 5 Anak yang sedang duduk tersebut ada di kamp pengungsian darurat yang terletak di dekat desa Bodouli, Republik Afrika Tengah pada 23 Agustus 2007. Diketahui bahwa penduduk diungsikan setelah adanya Perang Semak (Bush War) di Republik Afrika Tengah.

Berdasarkan pencarian data yang terkumpul dapat disimpulkan postingan akun @joinmanishpande adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

====

REFERENSI:
https://cn.reuters.com/…/us-centralafrica-refugees…

https://twitter.com/GretaThunberg/status/1087688894706077697

https://www.indiatoday.in/…/fact-check-picture-of-greta…

====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Makan Mewah di Depan Anak-anak Miskin yang Kelaparan appeared first on TurnBackHoax.