[SALAH] Akun Facebook Pejabat BKPSDM Kabupaten Lahat “Guntur Martandi” Meminta Sejumlah Dana

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya akun tersebut merupakan akun kloningan/palsu yang dilakukan oleh oknum tertentu untuk melakukan penipuan.

Selanjutnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten Tiruan

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/wip/cnyU6

= = =
Narasi:
“Guntur Martandi”

= = =
Penjelasan:

Terdapat akun Facebook bernama ‘Guntur Martandi’ yang mencatut nama kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM Kabupaten Lahat. Akun tersebut menggunakan nama, foto profil, dan foto dinding yang bersangkutan.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Facebook tersebut merupakan akun palsu atau akun tiruan. Pasalnya ditemukan akun asli orang yang bersangkutan dengan nama ‘Guntur Martandy’. Akun palsu menggunakan foto sampul yang sebelumnya pernah diunggah akun asli dengan jarak waktu unggah yang lebih lama.

Akun palsu tersebut menggunakan foto sampulnya sejak 16 April 2021, sedangkan foto yang sama pernah diunggah terlebih dahulu oleh akun yang asli pada tanggal 3 April 2014.

Kemudian, telah terkonfirmasi melalui laman https://bkpsdm.lahatkab.go.id bahwa akun tersebut merupakan akun palsu yang terindikasi penipuan dan pencemaran nama baik. Pada laman tersebut juga telah dihimbau untuk tetap berhati-hati jika mendapatkan informasi melalui akun tersebut.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akun atas nama “Guntur Martandi” yang beredar itu bukan milik pejabat BKSDM Kab Lahat, sehingga aku tersebut masuk dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

= = =
Referensi:
https://www.facebook.com/gtr.170205

The post [SALAH] Akun Facebook Pejabat BKPSDM Kabupaten Lahat “Guntur Martandi” Meminta Sejumlah Dana appeared first on TurnBackHoax.

No More Posts Available.

No more pages to load.