[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Meminta Kode OTP Via Whatsapp

by -24 views

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya melalui akun Instagram resminya Eva Dwiana mengklarifikasi bahwa akun tersebut merupakan akun palsu.

Selengkapnya pada penjelasan

= = = = =

KATEGORI: Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Screenshot Chat Messenger

= = = = =

NARASI:
“(Assalamualaikum wr wb)
Waalaikumsalam ibu
Maaf ini akun bunda eva
(iya ini dengan saya sendiri
Berdomisili Dimana Sekarang)
Sama kaya nama FB
Bun atau panggil aja tyas
(Untuk keamanan WhatsApp saya itu Ada Whatsap code yang saya kirim lewat sms biasa ke nomor hp yang ibu.kiirm tadik coba di cek dulu. Sms kodenya Ada 6 angka. Kalau sudah Ada kirim ke sini kodenya.
Berapa kode nya biar kelanjutan nya di whtsap saja)
Maaf ya Bun.. saya gak bisa
(Gak usah takut)”

PENJELASAN:
Beredar akun Facebook Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. Terlihat akun tersebut mengirimkan pesan melalui Messenger awalnya menanyakan domisili hingga nama asli, kemudian berlanjut meminta kode verifikasi OTP melalui Whatsapp. Akun tersebut menggunakan foto profil memakai pakaian dinas.

Namun setelah ditelusuri, akun tersebut adalah palsu. Eva Dwiana melalui akun Instagram resminya mengklarifikasi bahwa akun tersebut bukan miliknya. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak tertipu dengan akun Facebook yang mengatasnamakan dirinya meminta nomor telepon. Akun Facebook yang ia miliki yaitu https://www.facebook.com/eva.dwiana0 dengan 6 ribu pengikut dan akun Instagram (@eva_dwiana) dengan 25,2 ribu pengikut.

“Assalamualaikum Wr.Wb. Beberapa hari terkahir, terdapat akun Facebook yang mengatas namakan Bunda dan meminta nomor Whatsapp,
Perlu Bunda sampaikan, bagi pengguna media sosial jangan pernah mudah memberi nomor handphone kepada siapa pun termasuk akun palsu yang mengatasnamakan Bunda dan juga membagikan kode enam angka untuk melakukan verifikasi,
SMS berisi enam angka tersebut merupakan kode verifikasi dari WhatsApp. Para pelaku kejahatan tersebut sedang berusaha untuk membajak atau mengambil alih akun WhatsApp bapak/ibu.”, ungkap Eva Dwiana dalam postingan Instagramnya pada Rabu, 8 Desember 2021.

Dengan demikian, akun Facebook Wakil Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.
= = = = =

REFERENSI:
https://kumparan.com/lampunggeh/akun-fb-palsu-walkot-bandar-lampung-minta-otp-eva-dwiana-imbau-warga-hati-hati-1x4NF5F8Xkq/full

https://seputarlampung.pikiran-rakyat.com/kabar-lampung/pr-973187381/hat-hati-beredar-akun-facebook-palsu-eva-dwiana-walikota-bandarlampung-meminta-kode-otp-via-whatsapp?page=2

https://www.instagram.com/p/CXNP891vddo/?utm_medium=copy_link

The post [SALAH] Akun Facebook Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Meminta Kode OTP Via Whatsapp appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.