[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Menawarkan Pinjaman Uang

by -50 views

[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Menawarkan Pinjaman Uang
Akun Palsu. Melalui akun Twitter resmi Humas Kota Surabaya (@BanggaSurabaya) mengonfirmasi bahwa akun Facebook tersebut palsu.

====
KATEGORI: Konten Tiruan

====
SUMBER: Screenshot chat Facebook messenger

====
NARASI:
Akun Palsu:
Tenor, 12bulan
Rp5000.000 : 12bulanRp = [416.667]
——————————————————
Rp416.667 -50% = [208.333]
jadi perbulan bayar angsuranRp= [208.333]selama 12 bulan.
dan itu sudah dibantu/dipotong subsidi 50%, dari pemerintah.
Korban : “Syaratnya apa pak?”
Akun Palsu:”Ibu bisa kirim data” ibu terlebih dahulu, seperti foto KTP dan KK, dan bidang usaha kalau ad, dan numer yang bisa dihubungin.

====
PENJELASAN:

Beredar akun di Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Akun tersebut bernama “Eri” dan terlihat foto profilnya bergambar Eri Cahyadi.

Diketahui, akun “Eri” menawarkan bantuan pinjaman sebesar Rp5000.000 dan dapat diangsur selama 12 bulan. Dalam periode angsuran tersebut, peminjam akan diberikan subsidi pemerintah sebesar 50%, sehingga yang awalnya diangsur Rp416.667/bulan, peminjam hanya akan dikenai biaya angsuran Rp208.333/bulan. Selain itu, persyaratan peminjaman yakni harus mengirimkan foto KTP, KK, menginfokan jenis usaha bila ada, dan memberikan nomor HP yang dapat dihubungi.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, akun bernama “Eri” adalah AKUN PALSU.
Melalui akun Twitter resmi Humas Kota Surabaya (@BanggaSurabaya), akun bernama “Eri” bukanlah akun resmi dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Lebih lanjut, Humas Kota Surabaya meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan, dan melaporkan jika menemukan informasi yang mencurigakan kepada akun resmi Humas Kota Surabaya di Twitter (@BanggaSurabaya), atau akun Facebook dengan nama akun “Bangga Surabaya”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa akun Facebook bernama “Eri” adalah akun palsu, dan termasuk kategori hoaks Konten Tiruan.
====

REFERENSI:
https://mobile.twitter.com/BanggaSurabaya/status/1406101485310472194

https://m.facebook.com/story/graphql_permalink/?graphql_id=UzpfSTExMzIwMzYzODM1MDU5Mjc6NDE5Mjk3NTYxNzQxMTk3Mw%3D%3D

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Akun Facebook Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Menawarkan Pinjaman Uang appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.