[SALAH] Akun Whatsapp ”0812-3360-5930” Wakil Bupati Magetan Tawarkan Donasi ke Rumah Ibadah

by -21 views

Akun tersebut PALSU. Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti menegaskan akun Whatsapp dengan nomor ”0812-3360-5930” bukan miliknya.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: PESAN WHATSAPP

===

NARASI:

A: Saya ingin menyampaikan informasi terkait donasi bantuan dan hibah dari Bupati Magetan bapak H. Suprawoto

A: Dan untuk saat ini donasi bantuan dan hibah tersebut tertuju disalurkan ke musholla As Sholikhon

B: Njeeh ibu…. Terima kasih… Semoga bermanfaat bagi jamaah dan warga sekitar mushola assholikhin…

A: Sama”

A: sebelumnya mohon maaf untuk saat ini saya sedang terhubung dengan siapa

B: Kaliyan p. Jumaidi.. selaku takmir musholla asholikhin…

A: Salam kenal Enggeh bapak Jumaidi

A: Untuk kelanjutan donasi bantuan ini

A: Terhubung untu saat ini saya masih dalam masa pandemic COVID-19 maka donasi bantuan tersebut akan disalurkan melalui via transfer

===

PENJELASAN: Beredar sebuah akun Whatsapp mengatasnamakan Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, dengan narasi pesan ingin memberikan sejumlah bantuan untuk mushola dan pondok pesantren. Dalam narasinya, akun Whatsapp tersebut meminta nomor rekening pihak yang ia kirimi pesan.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, akun tersebut merupakan akun palsu. Melansir dari beritajatim.com, Nanik menyatakan bahwa akun tersebut bukan miliknya.

“Loh, itu bukan saya mas dan nomor yang saya gunakan hanya ini,” tegasnya.

Lebih lanjut Nanik mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya terhadap segala jenis informasi yang mengatasnamakan dirinya.

“Takutnya, banyak masyarakat yang tertipu. Saya minta masyarakat waspada dan melakukan cross check sebelum melakukan transfer, apalagi itu mencurigakan,” lanjutnya.

Berdasar pada seluruh referensi dan keterangan yang diberikan, akun Whatsapp ”0812-3360-5930” diketahui bukan milik Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti. Akun tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

The post [SALAH] Akun Whatsapp ”0812-3360-5930” Wakil Bupati Magetan Tawarkan Donasi ke Rumah Ibadah appeared first on TurnBackHoax.