[SALAH] Anissa Pohan Grebek AHY Dengan Wanita Lain

by -16 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Klaim tersebut salah. Faktanya wanita dan pria dalam video tersebut bukan Anissa dan AHY, melainkan pasangan suami istri asal Sulawesi yang terlibat kasus perselingkuhan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

https://archive.st/archive/2021/2/youtu.be/dyau/

=====

[NARASI]:

KELAKUAN B3JAT AHY, ANISSA GREB3K AHY DENGAN WANITA LAIN

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube bernama SKEMA POLITIK mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) digrebek sang istri, Annisa Pohan, setelah kepergok tengah bersama wanita lain. Video ini pun telah ditonton lebih dari 400 ribu kali sejak 5 hari ditayangkan.

Namun setelah dilakukan penelusuran, ternyata video Anissa Pohan yang menggrebek AHY adalah hoaks. Wanita yang ada di dalam video diketahui bukan Anissa, melainkan seorang dokter asal Sulawesi yang tengah ramai dibicarakan masyarakat karena kasus perselingkuhan yang dilakukan suaminya.

Dalam video Youtube tersebut pun tidak ada pernyataan yang mengungkap secara jelas tentang kabar perselingkuhan oleh AHY. Sebaliknya, video tersebut hanya memaparkan tentang hoaks yang menimpa AHY dan Anissa terkait isu perselingkuhan dan disambung dengan pemaparan terkait kehidupan politik partai demokrat saat ini serta kehidupan keluarga dari AHY dan Anissa Pohan.

Jadi dapat disimpulkan video dengan klaim judul yang menyatakan bahwa AHY digrebek Anissa karena berselingkuh dengan wanita lain adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====

tema: others, alat: video, sc: yt, tc: wedge, fu: fc, bukti: video, scope: domestic, actors: tokoh

[REFERENSI]:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6A92aK-cek-fakta-annisa-pohan-gerebek-ahy-dengan-wanita-lain-hoaks-ini-faktanya

https://style.tribunnews.com/amp/2021/01/27/kisah-dokter-cantik-dukung-suami-menjabat-malah-diselingkuhi-aksi-nglabrak-terseret-di-aspal-viral

Editor: Dedy Helsyanto

The post [SALAH] Anissa Pohan Grebek AHY Dengan Wanita Lain appeared first on TurnBackHoax.