[SALAH] Awan Lentikular Berlapis-lapis di atas Gunung Fuji

by -25 views

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, gambar merupakan editan photoshop. Gambar yang sebenarnya diambil oleh Raymond R Carr pada tahun 2005 dan hanya terdapat satu lapisan awan lenticular yang terlihat di atas Gunung Fuji.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/DceBG

= = = = =

NARASI:
“Lenticular clouds over Mt Fuji ⁠ :
@nowness

Terjemahan:
Awan lenticular di atas Gunung Fuji.”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar postingan foto yang menunjukkan Gunung Fuji dengan awan berlapis di atasnya, dengan klaim narasi “awan lenticular di atas Gunung Fuji”. Beberapa pengguna media sosial juga mengunggah hal yang sama dengan klaim narasi yang sama pula.

Setelah ditelusuri, dengan pencarian gambar ditemukan foto serupa pada situs flickr.com. Diketahui bahwa foto tersebut di unggah oleh Raymond R Carr pada tahun 2005, dengan narasi “hanya formasi awan menarik yang terbentuk di atas Fujijama terlihat seperti topi yang digunakan petani”. Di foto asli hanya terdapat satu lapisan awan yang terlihat.

Sedikit informasi, dikutip dari Wikipedia awan lenticular adalah awan yang berbentuk lensa terjadi ketika udara stabil dan lembab melintasi pegunungan dari arah yang sama atau serupa pada ketinggian yang berbeda melalui troposfer.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa foto yang merupakan hasil editan photoshop. Dengan demikian foto di atas adalah salah dan masuk dalam kategori konteks yang salah.
= = = = =

REFERENSI:
https://www.flickr.com/photos/45146497@N00/6594204/

https://www.gettyimages.ae/detail/photo/kasagumo-on-top-of-fuji-royalty-free-image/876841540?adppopup=true

https://id.wikipedia.org/wiki/Awan_lentikular

The post [SALAH] Awan Lentikular Berlapis-lapis di atas Gunung Fuji appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.