[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Sebesar Rp100 Juta

by -20 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi palsu. Faktanya, Baim Wong hanya mengadakan program Giveaway melalui akun Youtube, Instagram, dan acara televisi resmi secara langsung (live).

===
Kategori: Konten Palsu

===
Sumber: Tangkapan Layar SMS

===
Narasi:

“Halo Kak! Aku Winda Dari Team Giveaway BAIM WONG Anda Memenangkan Hadiah Uang 100Jt dari kami info klik: https://wa.me/+6285796306857”

===
Penjelasan:

Beredar sebuah pesan berantai mengatasnamakan Team Giveaway Baim Wong membagikan hadiah uang sebesar Rp100 juta. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, penerima pesan diarahkan untuk menghubungi nomor Whatsapp yang tertera dalam pesan.

Berdasarkan hasil penelusuran, program giveaway Baim Wong bagi-bagi hadiah tersebut adalah palsu. Faktanya, Istri Baim Wong, Paula Parhoeven, melalui kanal Youtube resminya sempat mengklarifikasi bahwa program bagi-bagi hadiah yang diadakan Baim Wong hanya akan dilakukan melalui siaran langsung (live) di akun Youtube dan Instagram resmi mereka untuk menghindari penipuan.

Selain itu, melansir dari Tribunnews, program bagi-bagi hadiah Baim Wong dan Paula juga di adakan di Trans 7 dalam acara Indonesia Giveaway dan mekanisme mendapatkan hadiah disiarkan secara langsung saat itu juga tidak melalui pemberitaan seperti SMS.

Kasus penipuan Giveaway Baim Wong juga sudah mendapatkan atensi dari pihak kepolisian. Kapolres Metro Jakarta Utara, melalui detik news menjelaskan bahwa pelaku melancarkan penipuannya dengan modus giveaway melalui Facebook. Lebih lanjut, para korban akan diminta menghubungi pihak Baim Wong melalui WhatsApp dan selanjutnya diminta untuk mentransfer uang sebagai syarat. Modus serupa juga dilakukan dalam pesan berantai tersebut.

Unggahan terkait bagi-bagi hadiah dari Baim Wong juga pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax yang berjudul “[SALAH] Baim Wong Adakan Bagi-Bagi Hadiah Sebsar Rp50.000.000” pada tanggal 16 Januari 2021.

Dengan demikian, klaim bahwa Team Giveaway Baim Wong bagi-bagi hadiah adalah hoaks dalam kategori konten palsu.

===
Referensi:

  1. https://youtu.be/swKaL2jUnMY
  2. https://turnbackhoax.id/2021/01/16/salah-baim-wong-adakan-bagi-bagi-hadiah-sebesar-rp50-000-000/
  3. https://kaltim.tribunnews.com/2021/01/12/awas-penipuan-cara-ikut-indonesia-giveaway-dapat-hadiah-dari-baim-wong-ini-jam-tayang-di-trans-7?page=3
  4. https://news.detik.com/berita/d-5305915/baim-wong-palsu-ditangkap-modusnya-penipuan-berkedok-give-away

The post [SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Sebesar Rp100 Juta appeared first on TurnBackHoax.

No More Posts Available.

No more pages to load.