[SALAH] Bantuan Rp189 Juta dari Pemerintah Melalui Pertamina

by -24 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya Pertamina tidak pernah membagikan bantuan, hadiah ataupun undian melalui pesan SMS, Whatsapp maupun email.

Selengkapnya ada di penjelasan.

====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====

[SUMBER]: SMS

====
[NARASI]:

“Anda mndptkan Subsidi Pemerintah Cek Tunai senilai Rp.189.000.000
PIN PEMEN4NG; (717747)
Info lanjut:
bit.ly/pertamina127
whsp, 082211248177″

====
[PENJELASAN]:

Sebuah SMS tentang bantuan pemerintah kembali beredar di masyarakat. Kali ini pesan bantuan pemerintah kembali memakai nama Pertamina dengan jumlah bantuan sebesar Rp189 juta. Dalam pesan ini, penerima pesan akan mendapatkan sebuah pin dan diarahkan untuk memeriksa pin mereka melalui tautan yang juga dikirim bersamaan.

Namun setelah ditelusuri, bantuan pemerintah yang mengatasnamakan Pertamina adalah hoaks. Sebelumnya pesan seperti ini pernah beredar dan telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Pertamina.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan, informasi Pertamina bagikan hadiah cek sebesar Rp 189 juta yang beredar di masyarakat tidaklah benar atau hoaks.

Dia mengungkapkan, informasi hadiah maupun undian maupun yang mengatasnamakan Pertamina baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun email itu tidak benar.

Dari laman resminya, Pertamina juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan informasi hoaks seperti ini. Pertamina juga menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam pemberian hadiah/undian melalui pesan singkat dan atau email.

Sebelumnya hoaks yang sama juga pernah beredar pada bulan Agustus 2021 dan hoaks yang mirip juga beredar pada Juli 2021 namun dengan jumlah Rp150 juta.

Jadi dapat disimpulkan, pesan bantuan pemerintah melalui Pertamina senilai Rp189 juta merupakan hoaks kategori fabricated content atau konten palsu.

[REFERENSI]:

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4634118/cek-fakta-hoaks-subsidi-pemerintah-dari-pertamina-rp-189-juta

https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan

====
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Bantuan Rp189 Juta dari Pemerintah Melalui Pertamina appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.