[SALAH] Bantuan Uang Rp80 Juta dari Dinas KUKM Babel Melalui Telepon

by -12 views

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kep Babel Hj Elfiyena, mengatakan bahwa telepon itu adalah penipuan, sebelumnya pernah terjadi modus serupa yang menyasar pelaku UMKM.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

[SUMBER]: TELEPON

= = = = =

[NARASI]:

Dinas KUKM menghubungi pelaku UMKM melalui sambungan telepon

= = = = =

[PENJELASAN]:

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) menghibahkan uang sebesar Rp80 juta kepada beberapa pelaku UMKM melalui sambungan telepon. Dalam telepon tersebut, penelepon menyebutkan nama Kabid pemberdayaan dan pengembangan Koperasi, Arpandi dan sekretaris Dinas Nurul Huda.

Setelah dikonfirmasi kepada Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kep Babel Hj Elfiyena, dikatakan bahwa telepon itu adalah penipuan, sebelumnya pernah terjadi modus serupa yang menyasar pelaku UMKM dan tertipu puluhan juta.

“Saya ditanya oleh pelaku UMKM, apakah benar dinas memberikan bantuan, saya bilang tidak ada, dan itu penipuan, pelaku UMKM harus hati-hati dan waspada, jangan mudah percaya, ” tegas Elfiyena.

Ketika mendapat telepon, pelaku UMKM sudah curiga, karena penelepon salah menyebutkan panggilan dari Sekretaris Dinas yaitu Ibu Nurul Huda.

“Yang curiganya, dia (penelepon) menyebutkan sekdis itu bapak Nurul Huda, padahal Nurul Huda itu perempuan, kemudian kalau secara logika, Kabid Koperasi kok ngurusin UMKM, ya harusnya kan bidang UMKM, kalau Koperasi urusannya mengenai koperasi bukan UMKM, dari situ banyak pelaku UMKM yang curiga dan bertanya mengklarifikasi benar tidak ada bantuan ini, ” ungkap Elfiyena.

Ia menyebutkan, untuk saat ini, DKUKM tidak memberikan bantuan dalam bentuk tunai kepada pelaku UMKM, beberapa bantuan yang diberikan, umumnya berupa alat bantu usaha, dan pelatihan serta hal lainnya.

Sehingga, klaim mengenai bantuan uang Rp80 juta kepada dari Dinas KUKM Babel melalui sambungan telepon termasuk hoaks dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:

http://kukm.babelprov.go.id/content/dinas-kukm-himbau-masyarakat-waspada-terhadap-telpon-penipuan-bantuan-dana

https://www.instagram.com/p/CLUJSSZhOxp/

The post [SALAH] Bantuan Uang Rp80 Juta dari Dinas KUKM Babel Melalui Telepon appeared first on TurnBackHoax.