[SALAH] Bintang Bollywood Amir Khan Memberikan Bantuan 1kg Tepung Di Dalamnya Terdapat Uang Senilai 3Juta Saat India Lockdown

by -26 views

Tidak benar Aamir Khan memberikan bantuan berupa 1kg tepung yang di dalamnya terdapat uang senilai 3juta. Pihak manajemen Amir Khan pada Mei 2020 menyatakan bahwa Aamir Khan tidak melakukan donasi semacam itu.

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Sumber: Instagram

https://www.instagram.com/p/CLZMs6wg-Nn/

Arsip: https://bit.ly/3uGBqrA

=====

Narasi:

Narasi pada postingan gambarnya:

Slide 1

“Bintang Bollywood, Amir Khan, sempat dihujat karena hanya memberikan bantuan 1kg tepung untuk warga India yang terdampak lockdown. Banyak warga kemudian enggan mengambil bantuan dari Amir karena dianggap tidak cukup”

Slide 2

“Namun siapa sangka di dalam tepung tersebut terdapat uang senilai 3juta. Cara ini rupanya memang disengaja oleh Amir karena hanya orang-orang yang benar-benar membutuhkan yang rela antri untuk mendapatkan bantuan dengan begitu bantuan tersalurkan pada orang-orang yang tepat”

=====

Penjelasan:

Beredar postingan Instagram yang menyatakan bahwa Amir Khan melakukan donasi kepada masyarakat India terdampak Lockdown dengan cara membagikan 1kg tepung. Di dalam tepung tersebut terdapat uang senilai 3juta.

Berdasarkan hasil penelusuran, isu tersebut sudah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id dengan judul artikel [SALAH] “Aamir Khan Mendonasikan 1kg Tepung dan 15000 Rupee Kepada Warga yang Membutuhkan di Masa Lockdown” yang tayang pada 3 Mei 2020.

Adapun, dilansir dari thequint.com, melalui wawancara dengan manajemen Aamir Khan, diketahui bahwa aktor tersebut tidak melakukan donasi menaruh uang di dalam 1kg tepung. Diketahui pula dari laman sandesh.com, donasi berupa uang di dalam 1kg tepung terjadi di Gorat, India namun bukanlah Aamir Khan yang melakukannya.

Aamir Khan diketahui melakukan donasi melalui melalui Prime Minister Narendra Modi’s PM-Cares fund, Maharashtra chief minister’s relief fund, asosiasi pekerja film di India, dan sejumlah NGO lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten postingan Instagram pada sumber masuk kategori Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.thequint.com/news/webqoof/aamir-khans-team-denies-that-actor-gave-rs-15000-in-wheat-sacks-fact-check

https://sandesh.com/surat-man-gives-15000-rs-hidden-in-flour-to-laborers-in-lock-down/

https://www.hindustantimes.com/bollywood/aamir-khan-donates-to-pm-cares-maharashtra-cm-s-relief-fund-helps-daily-wage-workers-of-laal-singh-chaddha/story-i8SRDKOp4iNU2ELA1DnxtL.html

The post [SALAH] Bintang Bollywood Amir Khan Memberikan Bantuan 1kg Tepung Di Dalamnya Terdapat Uang Senilai 3Juta Saat India Lockdown appeared first on TurnBackHoax.