[SALAH] Bocah Ini Beli Saham 92,2 Milyar Karena Merupakan Wali Kota Solo

by -43 views

Bukan Wali Kota Solo. Pria dalam foto tersebut merupakan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi. Dari beberapa artikel, Kaesang sendiri memiliki 13 kerajaan bisnis. Selain sebagai pengusaha, Kaesang juga dikenal sebagai investor saham. Dia sering membahas berbagai saham di akun Twitter-nya.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: https://archive.fo/Xh9tv

======

[NARASI]:

“Beli saham 92.2 Miliar duit dari mana ni bocah. Masih muda tapi bisa borong saham. Kepo jadinya bisnis apa sih doski. Walah, doi pan walkot solo 

😱

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama M Roni mengunggah foto putra Presiden Jokowi disertai narasi yang mempertanyakan dari mana ia bisa membeli saham sebesar 92.2 Miliar Rupiah dan disebutkan bahwa ia merupakan Wali Kota Solo. Selain itu, di dalam foto juga terdapat narasi “Modali Usaha Jadi Siasat Perusahaan Pembakar Hutan Lolos Dari Jeratan Hukum? PASTI HOAX INI”.

Berdasarkan penelusuran, pria dalam foto tersebut bukan Wali Kota Solo seperti dalam narasi klaim. Pria tersebut adalah Kaesang Pangarep, putra bungsu dari Presiden Jokowi. Sedangkan Wali Kota Solo adalah Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Jokowi.

Dilansir dari kompas.com, Kaesang Pangarep, baru saja memborong saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), sebuah perusahaan yang memproduksi makanan beku berbasis udang. Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/11/2021), total saham yang dibeli Kaesang Pangarep yakni 188,24 juta lembar saham atau sekitar 8 persen dari total keseluruhan saham yang ditempatkan di perseroan. Apabila mengacu pada harga saham PMMP per lembarnya Rp 490, maka nilai transaksinya cukup mencengangkan, yakni mencapai Rp 92,2 miliar.

PMMP adalah perusahaan di sektor pengolahan makanan beku berbasis udang. Perusahaan itu didirikan pada 1997 dan mulai beroperasi secara penuh pada 2004 dengan memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di Situbondo, Jawa Timur. Bisnis terus berkembang pesat hingga kini Panca Mitra Multiperdana disebut jadi salah satu eksportir udang terbesar di Indonesia dengan jumlah volume tonase ekspor udang nomor 2 terbesar di Indonesia pada 2020. Tujuan ekspor utamanya adalah ke Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Kaesang sendiri memiliki 13 kerajaan bisnis yang ia rintis hingga saat ini. Selain sebagai pengusaha, Kaesang juga dikenal sebagai investor saham. Dia sering membahas berbagai saham di akun Twitter-nya.

======

REFERENSI:

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/163127426/kaesang-borong-saham-perusahaan-frozen-food-rp-92-miliar

https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/bisnis-kaesang-pangarep/13

https://economy.okezone.com/read/2021/09/30/455/2479258/bisnis-kaesang-pangarep-dari-sang-pisang-hingga-yang-ayam?page=2

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200206150139-4-135861/jokowi-siapapun-bos-perusahaan-yang-bakar-hutan-hukum

https://id.wikipedia.org/wiki/Gibran_Rakabuming

The post [SALAH] Bocah Ini Beli Saham 92,2 Milyar Karena Merupakan Wali Kota Solo appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.