[SALAH] “BULAN MARET DIADAKAN SUNTIK MATI UNTUK JOMBLO”

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Faktanya, pria tersebut adalah penyiar berita Kazakh yang viral karena mengucapkan twister lidah dalam bahasa Kazakh. Ditemukan gambar serupa dalam video yang diunggah oleh channel Youtube 31 Канал berjudul “Ведущий новостей “Информбюро” говорит скороговорки на казахском языке” diunggah pada 28 Agustus 2017.

=======================

Kategori: satire/parodi

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/k49J5

=======================

Narasi:

Yg jomblo jomblo sabar yeachhhh😁😁😁

“BULAN MARET DIADAKAN SUNTIK MATI UNTUK JOMBLO”

=======================

Penjelasan:

Akun facebook Khenzo Jr. mengunggah gambar, terlihat seorang pria yang tengah membawakan acara berita. Dalam gambar tersebut terdapat narasi pada bulan Maret diadakan suntik mati untuk jomblo. Postingan tersebut telah mendapat 14 reaksi, 32 komentar dan 2 kali dibagikan oleh pengguna Facebook lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, pria tersebut adalah penyiar berita Kazakh yang viral karena mengucapkan twister lidah dalam bahasa Kazakh. Ditemukan gambar serupa dalam video yang diunggah oleh channel Youtube 31 Канал berjudul “Ведущий новостей “Информбюро” говорит скороговорки на казахском языке” diunggah pada 28 Agustus 2017.

Dengan demikian, klaim bulan Maret diadakan suntik mati untuk jomblo seperti pada unggahan akun facebook Khenzo Jr. adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori satire/parodi.

=======================

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4490218/cek-fakta-hoaks-suntik-mati-untuk-jomblo-pada-maret

https://www.youtube.com/watch?v=XLftjweg2gE

https://old.liter.kz/ru/news/show/55026rolik_s_vedushim_proiznosyashim_kazahskie_skorogovorki_aktivno_obsuzhdaetsya_v_seti_video_

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “BULAN MARET DIADAKAN SUNTIK MATI UNTUK JOMBLO” appeared first on TurnBackHoax.